Sitindaon, Yesica Esra Anastasya (2022) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Open-ended pada Materi Redoks dan Korelasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMAN 6 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
Abstrak Y.pdf Download (8kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (73kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (8kB) |
|
Text
Daftar Pustaka (2).pdf Download (18kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (58kB) |
|
Text
SKRIPSI YESICA ESRA ANASTASYA SITINDAONN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yaitu terdiri dari mengamati, bertanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Dalam kurikulum 2013 berpikir tingkat tinggi yaitu berpikir kreatif sangat dituntut untuk dimiliki siswa, sehingga untuk mencapai keberhasilan pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif salah satu model yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah model pembelajaran creative problem solving dengan pendekatan open-ended. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterlaksanaan model creative problem solving dengan pendekatan open-ended dan korelasinya terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi redoks di SMAN 6 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode campuran (Mix-Methode) dengan jenis model trigulasi konkuren. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran baik dari guru maupun siswa, dan tes esai untuk melihat kemampuan berpikir kreatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment. Persentase keterlaksanaan model creative problem solving dengan pendekatan open-ended oleh siswa diperoleh 86% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif 71,92% dengan kategori baik. Korelasi keterlaksanaan model creative problem solving dengan pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif diperoleh rxy = 0,40 dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian keterlaksanaan model pembelajaran creative problem solving dengan pendekatan open-ended dilihat dari aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan sudah masuk ke dalam kategori baik, dan terdapat korelasi antara keterlaksanaan model pembelajaran creative problem solving dengan pendekatan open-ended pada materi redoks terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X MIPA 1 di SMAN 6 Kota jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | creative problem solving, open-ended, berpikir kreatif, redoks |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | sitindaon |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 04:13 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 04:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37244 |
Actions (login required)
View Item |