Mirajtiya, Mirajtiya (2022) Pengembangan e-LKPD Dengan Tampilan Majalah Berbasis Learning Cycle Berbantuan Cabri Express Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
Skripsi Mirajtiya_A1C218081.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
JUDUL COVER.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (352kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD dengan tampilan majalah berbasis learning cycle berbantuan cabri express untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif dengan mengacu pada tahan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Kegiatan pada tahap analisi berupa menemukan kesenjangan. Selanjutnya, mendesign e-LKPD. Pada tahap pengembangan, produk yang di desain diwujudkan menjadi produk nyata dan di uji kevalidannya oleh ahli materi dan ahli media serta uji kepraktisannya oleh guru matematika dan 9 orang siswa kelas VIIIF SMP N 7 Muaro Jambi. Pada tahap implemntasi dilakukan uji keefektifan pada siswa kelompok besar yaitu siswa kelas VIIIF SMP N 7 Muaro Jambi yang berjumlah 26 orang. Tahap evaluasi dilakukan pada setiap akhir dari 4 tahapan sebelumnya untuk kepentingan pengembangan e-LKPD. Hasil penelitian menunjukkan kriteri valid dengan persentase 80% untuk ahli materi dan 80% untuk ahli media, kriteria praktis dengan persentase 93,30% untuk angket respon guru dan 87,76% untuk angket respon siswa, kriteria efektif dilihat dari uji t dengan t_hitung = 20,85 > t_tabel =2,048 dengan demikian, terdapat pengaruh e-LKPD dengan tampilan majalah berbasis learning cycle berbantuan cabri express untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil persentase dari ketuntasan tes hasil belajar diperoleh 88,46% dan angket motivasi belajar diperoleh 84,56%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, e-LKPD yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar disekolah karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD, Majalah, Learning Cycle, Cabri Express, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mirajtiya |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:43 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37258 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |