Saidah, Saidah (2022) Analisis kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa arab di MIS Ihsaniyah kelurahan legok kecamatan danau sipin kota jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
saidah.cover skripsi saidah.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
saidah.abstrak.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
saidah.kata pengantar.pdf Download (363kB) |
![]() |
Text
saidah.bab I.pdf Download (463kB) |
![]() |
Text
saidah. BAB V.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
saidah.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN-saidah1.pdf Download (702kB) |
![]() |
Text
saidah.1.HALAMAN PERSETUJUAN dan pengesahan.pdf Download (239kB) |
Abstract
Saidah. 2022. Analisis kesalahan fonologi dalam membaca teks bahasa arab di MIS Ihsaniyah kelurahan legok kecamatan danau sipin kota jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Eva Iryani, S. Pd, I., M. Pd. I (II) Mar’atun Sholiha, S. Pd, I.,M. Pd, I Kata kunci: analisis, fonologi, bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan membaca teks bahasa Arab siswa kelas V MIS Ihsaniyah Kelurahan Legok Kecamatan Danau Sipin Kota Jambi. Dalam tataran fonologi, faktor-faktor penyebab kesalahan membaca dan upaya untuk meminimalisasi kesalahan membaca teks bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk kesalahan membaca teks berbahasa Arab yang terjadi di MIS Ihsaniyah Kota Jambi, dikelompokan menjadi 2, yaitu perubahan fonem dan pengurangan fonem. Faktor penyebab kesalahan membaca teks bahasa Arab adalah bahan pembelajaran yang kurang menarik, siswa sulit berkonsentrasi, anggapan bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit dipelajari, sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya dukungan orang tua pada pelajaran bahasa Arab, faktor bahasa ibu dan lingkungan, dan kurangnya minat belajar siswa. Upaya yang telah dilakukan guru adalah menciptakan pembelajaran yang fun, memberi perhatian khusus pada siswa yang kurang dalam membaca teks bahasa Arab, dan menyiapkan sendiri sarana dan prasarana yang belum tersedia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis, fonologi, bahasa arab. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | SAIDAH |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 06:32 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 06:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37263 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |