Permatasari, Cindy (2022) HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM KAMBANG JAMBI TAHUN 2022. S1 thesis, ilmu kesehatan masyarakat.
![]() |
Text
SKRIPSI_CINDY PERMATASARI_N1A117184.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER SKIRPSI CINDY.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (974kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK_N1A117184.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
BAB1_N1A117184.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB5_N1A117184.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA_N1A117184.pdf Download (94kB) |
Abstract
ABSTRAK Latar Belakang: WHO mendefinisikan Rumah Sakit sebagai satu anggota integral organisasi sosial serta medis yang berperan terhadap pemberian pelayanan kesehatan di segi kuratif dan preventif yang menjangkau lingkungan dam keluarga. Rumah sakit dapat dikatakan sentral untuk pelatihan bagi tenaga kesehatan beserta penelitian bio-psiko-sosiekonomi dan budaya. Menurunnya jumlah kunjungan pasien lama pada tahun 2019 sampai 2020, yakni pasien yang melaksanakan pemanfaatan ulang di Rumah Sakit Umum Kambang Jambi. Jumlah pasien lama di beberapa poli dan juga IGD yang menurun sehingga mampu menjadi gejala adanya penurunan loyalitas bagi RSU Kambang Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi bauran pemasaran dengan loyalitas pasien rawat jalan di RSU Kambang Jambi. Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Sampel penelitian yaitu pasien rawat jalan yang berjumlah 105 pasien. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli 2021 hingga Maret 2022. Cara pengukuran dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Analisis dua tahap univariat dan bivariat dengan uji kai-kuadrat. Hasil: Terdapat hubungan bauran pemasaran terhadap loyalitas pasien dengan bauran pemasaran Tempat (p-value=0.017) PR=2.899, Promosi (p-value=0.000) PR=4526, Orang (p-value=0.000) PR=6.789, Proses (p-value=0.001) PR=3.955, dan Bukti fisik (p-value=0.009) PR=3.018. Sedangkan yang tidak berhubungan yaitu bauran pemasaran Produk (p-value=0.136), dan Harga (p-value=0.371). Kesimpulan: Variabel yang memiliki korelasi dengan bauran pemasaran adalah tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik, dan yang tidak memiliki korelasi dengan bauran pemasaran adalah produk dan harga. Dengan demikian, rumah sakit diharapkan untuk dapat meningkatkan bauran pemasaran tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasien sehingga loyalitas pasien meningkat di RSU Kambang Jambi. Kata Kunci: pasien, persepsi, bauran pemasaran, loyalitas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pasien, persepsi, bauran pemasaran, loyalitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | permatasari |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 02:25 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |