Pengaruh game online terhadap etika sosial siswa di lingkungan SMP Negeri 19 Kota Jambi

Novera, Vivien Firda (2022) Pengaruh game online terhadap etika sosial siswa di lingkungan SMP Negeri 19 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (73kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (231kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (9kB)
[img] Text
skripsi full vivien.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (371kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Judul : Pengaruh Game Online Terhadap Etika Sosial Siswa Di Lingkungan SMPN 19 Kota Jambi Oleh : Vivien Firda Novera NIM : A1E116031 Pembimbing : 1. Drs. Rasimin, M.Pd. 2. Affan Yusra, S.Pd., M.Pd. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang bersosial, namun manusia dilahirkan belum bersifat sosial, untuk menentukan bersosial dengan yang baik dan buruk dapat diketahui dengan etika sosial. Etika sosial mau mengajak kita untuk tidak hanya melihat segala sesuatu dan bertindak dalam kerangka kepetingan kita saja, melainkan juga mempedulikan kepetingan bersama, yaitu kesejahteraan dan kebahagian bersama. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengukur pengaruh game online terhadap etika sosial siswa di SMP Negeri 19 Kota Jambi Game online muncul tidak hanya mempengaruhi kehidupan sosial pemainnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaan seseorang apabila memainkannya terlalu lama lebih dari 8 jam perhari secara rutin dilakukan. Jika setiap individu bisa mengatur waktu untuk membuka game online dengan waktu belajar, maka akan mengubah masa depan ke arah yang lebih baik. Namun jika tidak bisa mengaturnya, akan berdampak pada perilaku. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode Expost-facto. Jumlah siswa yang menjadi dalam penelitian ini yakni 70 orang siswa yang terdiri dari kelas VII dan VIII dengan menggunakan tekhnik Purposive Sampling. Alat pengumpul data yang digunakan yakni instrument angket. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukan perolehan persentase untuk siswa yang bermain game online di SMP N 19 Kota Jambi sebesar 59%. Maka diartikan siswa yang bermain game online di SMPN 19 Kota Jambi dikategorikan cukup banyak, selanjutnya etika sosial siswa di SMP N 19 Kota jambi sebesar memperoleh persentase sebesar 75,12% yang diartikan berada pada kategori baik. terdapat pengaruh game online terhadap etika sosial. Nilai perolehan Konstanta sebesar 67.087 yang artinya jika variabel game online nilainya 0 maka etika sosial nilainya sebesar 67.087. etika sosial mengalami kenaikan satu satuan maka etika sosial akan menurun sebesar 0.136 pada konstanta 67.087 Kata Kunci : Game Online, Etika Sosial

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Game online, Etika sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Novera
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:35
Last Modified: 18 Jul 2022 06:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37298

Actions (login required)

View Item View Item