PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI

AFRIDA, VENI (2022) PENGARUH IKLIM ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (38kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Afrida, Veni. 2022. Pengaruh Iklim Organisasi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 22 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi: (I) Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I.,M.Pd.I., (II) Dra. Hj. Aprillitzavivayarti, M.M. Kata Kunci: iklim organisasi, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru. 2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. 3) pengaruh iklim organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama- sama terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMP Negeri 22 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan Total Sampling, dengan jumlah sampel 42 guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif diolah dengan bantuan applikasi SPSS 23.0 for windows. Hasil dalam penelitian ini yaitu: 1) Terdapat pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji t pada nilai > yaitu 3,548 > 2,023 dengan persentase sebesar 23,9% maka dapat dikatakan signifikan dan hipotesis pertama dapat diterima. 2) Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji t pada nilai > yaitu 2,324 > 2,023 dengan persentase sebesar 11,9% maka dapat dikatakan signifikan dan hipotesis kedua dapat diterima. 3) Terdapat pengaruh iklim organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Menunjukan tingkat signifikan > yaitu 6,226 > 3,23 dengan persentase 24,2% sisanya yaitu 75,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa ketiga hipotesis penelitian dapat diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara: 1) variabel iklim organisasi terhadap kinerja guru. 2) variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. 3) variabel iklim organisasi dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: iklim organisasi, kepemimpinan kepala sekolah, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Afrida
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:34
Last Modified: 19 Jul 2022 03:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37299

Actions (login required)

View Item View Item