Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Sistem Rangka

Prima, Santri (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Sistem Rangka. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK_TESIS.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (166kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_P2A520007.pdf

Download (129kB)
[img] Text
FULL TESIS SANTRI PRIMA_P2A520007.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (523kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kurangnya minat belajar IPA siswa SMP IT An-Nahl, yang berdampak pula terhadap rendahnya hasil belajar IPA siswa. Salah satu penyebab kurangnya minat belajar IPA siswa yaitu media pembelajaran yang digunakan guru kurang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Untuk itu, peneliti melakukan pengembangan media pembelajaran Fun Thinkers Book untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Fun Thinkers Book serta untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas penggunaan media pembelajaran Fun Thinkers Book. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data berupa angket, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Media pembelajaran Fun Thinkers Book yang dihasilkan dalam pengembangan ini merupakan hasil revisi dari prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran Fun Thinkers Book layak digunakan berdasarkan hasil validasi dan revisi produk dari ahli media, materi dan praktisi. Media pembelajaran Fun Thinkers Book juga menarik digunakan berdasarkan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil yang memperoleh persentase 93,03% dengan kategori sangat baik. Media pembelajaran Fun Thinkers Book juga efektif digunakan berdasarkan hasil angket minat belajar siswa yang memperoleh persentase 93,96% dengan kategori sangat efektif dan hasil analisis pretest-posttest siswa dengan uji N-gain diperoleh skor 0,558 dengan kategori sedang. Untuk itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Fun Thinkers Book dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran IPA, khususnya materi sistem rangka. This research is based on the lack of interest in learning science at SMP IT An-Nahl, which has an impact on students' low science learning outcomes. One of the causes of tudents' lack of interest in learning science is that the learning media used by the teacher is not in accordance with the needs and characteristics of students. The purpose of this research is to produce Fun Thinkers Book learning media and to determine the feasibility and effectiveness of using Fun Thinkers Book learning media. This research is a Research and Development research using the ADDIE model. Data collection instruments in the form of questionnaires, observations, tests and documentation. Data analysis techniques consist of qualitative and quantitative data. The Fun Thinkers Book learning media produced in this development is the result of a revision of the ADDIE model development procedure. The results showed that the Fun Thinkers Book learning media was feasible to use based on the results of product validation and revision from media experts, materials and practitioners. Fun Thinkers Book learning media is also interesting to use based on the results of student response questionnaires in small group trials which obtained a percentage of 93.03% in the very good category. Fun Thinkers Book learning media is also effectively used based on the results of the student learning interest questionnaire which obtained a percentage of 93.96% in the very effective category and the results of the pretest-posttest analysis of students with the N-gain test obtained a score of 0.558 in the medium category. For this reason, it can be concluded that the Fun Thinkers Book learning media can be used as one of the learning media that can increase students' interest in learning and cognitive abilities in science learning, especially skeletal system material.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, fun thinkers
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Prima
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:33
Last Modified: 18 Jul 2022 06:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37300

Actions (login required)

View Item View Item