Siregar, Fika Natalia (2022) Pengembangan Asesmen Formatif Menggunakan Kahoot pada Materi Luas Permukaan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi_Fika Natalia Siregar_A1C218047.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Cover A1C218047.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan dan Persetujuan .pdf Download (636kB) |
![]() |
Text
Bab 1 A1C218047.pdf Download (431kB) |
![]() |
Text
Bab 5 A1C218047.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka A1C218047.pdf Download (138kB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan asesmen formatif mengggunakan Kahoot pada materi luas permukaan kubus dan balok siswa SMP kelas VIII dan mendeskripsikan kualitas asesmen formatif yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan asesmen formatif. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Borg dan Gall yang diserhanakan menjadi tujuh langkah pengembangan antara lain penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi produk awal, revisi produk awal, uji coba lapangan, dan revisi produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Kota Jambi pada 28 Maret 2022 sampai dengan 28 April 2022. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran matematika, 29 orang peserta didik kelas VIII-G sebagai subjek uji coba lapangan. Instumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi instrumen, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon pendidik dan peserta didik, serta hasil pengerjaan asesmen formatif yang dilakukan siswa. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa asesmen formatif yang dikembangkan mengalami revisi berdasarkan komentar dan saran perbaikan dari validator. Kualitas asesmen formatif yang dikembangkan dikategorikan baik, dikarenakan asesmen formatif memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan validasi oleh validasi ahli materi dan ahli media diperoleh skor rata-rata yatu 66 dengan persentase 88% dan kategori kevalidan “sangat valid”, kriteria kepraktisan berdasarkan penilaian oleh guru dan peserta didik menggunakan angket respon pendidik dan angket respon peserta didik maka diperoleh respons pendidik dengan skor yaitu 50 dengan persentase 100% dan kategori kepraktisan “sangat praktis”, sedangkan kriteria kepraktisan pada respons peserta didik diperoleh skor rata-rata yaitu 44,72 dengan persentase 99,3% dan kategori kepraktisan “sangat praktis”, dan kriteria keefektifan berdasarkan hasil pengerjaan asesmen formatif menggunakan Kahoot pada materi luas permukaan kubus dan balok sebesar 76% maka dari itu asesmen formatif yang dikembangkan dapat dikatakan efektif. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menggunakan asesmen formatif menggunakan Kahoot yang dikembangkan sebagai salah satu pilihan dalam proses pembelajaran di kelas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen formatif, Kahoot, luas permukaan kubus dan balok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SIREGAR |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 06:44 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 06:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |