Natasya, Ayu (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN CPA (CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT) MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DENGAN PENGAPLIKASIAN LIVE WORKSHEETS PADA MATERI STATISTIKA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (644kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI AYU NATASYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran masih belum bisa meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Dilihat dari hasil belajar siswa setelah mengunakan media pembelajaran tersebut, yaitu persentase siswa yang memperoleh nilai diatas KKM sebesar 32,14% dan persentase siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM sebesar 67,86%. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, menuntut para pendidik untuk dapat memanfaatkannya dalam meningkatkan daya tarik siswa dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis pendekatan CPA (Concrete-Pictorial-Abstract) menggunakan Macromedia flash dengan pengaplikasian Live worksheets pada materi statistika di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), and evaluation (evaluasi). Objek penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis pendekatan CPA (Concrete-Pictorial- Abstract) menggunakan Macromedia flash dengan pengaplikasian Live worksheets pada materi statistika sebagai bahan ajar tambahan atau bahan ajar pengganti yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep statistika dan kualitas dari media pembelajaran tersebut. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu media pembelajaran berbasis pendekatan CPA. Dengan sintak yaitu, concrete, pictorial, abstract. Media pembelajaran dibuat menggunakan aplikasi Macromedia flash. Media pembelajaran juga diaplikasikan dengan Live Worksheets. Media pembelajaran ini fokus pada materi statistika untuk siswa kelas VIII SMP. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan beberapa kali direvisi hingga menghasilkan media pembelajaran yang diharapkan dan bermanfaat. Dengan tingkat kualitas media pembelajaran berdasarkan 3 kriteria, yaitu : valid, praktis dan efektif. Dari hasil penelitian diperoleh: 1) persentase kevalidan media pembelajaran oleh ahli materi 88,75% dan dari ahli media 84,28% , 2) persentase kepraktisan media pembelajaran oleh pendidik 95,29% dan oleh peserta didik 86,01%, 3) persentase keefektifan media pembelajaran dari angket respon peserta didik 82,30% dan dari ketuntasan tes hasil belajar 82,14%.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Pendekatan CPA (Concrete-Pictorial- Abstract), Macromedia Flash, Live Worksheets, Statistika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NATASYA |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 06:55 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 06:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |