GAMBARAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 KOTA JAMBI

Usandareni, Yunita (2022) GAMBARAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (79kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (13kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
SKRIPSI YUNITA ROBBI (RRA1E116019).docx
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
PENGESAHAN LULUS UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (532kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (343kB)
Official URL: http://repestory.unja.ac.id

Abstract

ABSTRAK Judul : Gambaran Adversity Quotient Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi. Penulis : Yunita Robbi Usandareni NIM : RRA1E16019 Pembimbing I : Drs. Nelyahardi, M.Pd Pembimbing II : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi.,M.Pd Kata kunci: Adversity Quotient Fenomena lapangan dimana siswa mengaku cenderung kurang mampu untuk mengambil tindakan terhadap kesulitan yang dihadapi. Saat mengalami kesulitan belajar atau mendapat hasil yang kurang memuaskan, siswa cenderung menyalahkan diri sendiri. Selain itu, siswa kerap membiarkan masalah yang terjadi berlarut-larut hingga mengganggu kegiatan lain. Hingga pada akhirnya siswa tidak menunjukkan optimisme dalam menyelesaikan masalah. Seperti dalam masalah kesulitan belajar di sekolah, siswa justru pesimis tidak mampu untuk memahami materi atau menyelesaikan soal yang sulit dengan kemampuan diri sendiri dan akhirnya bergantung pada orang lain, menghindar, dan cenderung memilih untuk berprilaku curang dibandingkan berusaha mengentaskan permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tingkat adversity quotient yang dimiliki siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi beserta indikatornya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, populasi penelitian merupakan siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi yang berjumlah 126 orang siswa, dengan jumlah sampel representatifnya sebanyak 96 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 33 item pernyataan Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis persentase. Hasil penelitian yang diperoleh membuktikan bahwa gambaran tiingkat adversity quotient yang dimiliki siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi berada pada kategori tinggi (69,3%). Hasil analisis pada masing-masing indikator membuktikan bahwa Tingkat adversity quotient aspek kendali (control) berada pada kategori tinggi (70,1%), asal usul dan pengakuan (origin and ownership) kategori tinggi (66,8%), jangkauan (reach) kategori tinggi (74,4%), dan indikator daya tahan (endurance) pada kategori tinggi (66,4%). Hasil analisis yang diperoleh memberikan implikasi terhadap pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dalam usaha meningkatkan adversity quotient pada siswa, yang dapat dilakukan sebagai usaha pengentasan masalah kesulitan belajar baik secara individual, klasikal, dan maupun pencegahan dalam format kelas besar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: adversity quotient
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: USANDARENI
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:59
Last Modified: 19 Jul 2022 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37357

Actions (login required)

View Item View Item