Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam menyelesaikan Soal-Soal Open Ended di SMP Negeri 30 Muaro Jambi

Maryanti, Mita (2022) Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Dalam menyelesaikan Soal-Soal Open Ended di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
SodaPDF-converted-1. Cover.pdf

Download (262kB)
[img] Text
7. Daftar Rujukan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Skripsi Mita Maryanti_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
halaman persetujuan & pengesahan.pdf

Download (577kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Berpikir kreatif adalah suatu pemikiran yang berusaha menciptakan gagasan baru dari kumpulan ide, keterangan, konsep, pengalaman, dan pengetahuan yang dimiliki. Sehingga soal berupa open ended sangatlah cocok dengan berpikir kreatif, karena open ended merupakan masalah yang dapat diformulasikan memiliki banyak jawaban yang benar. Maka dalam menyelesaikan soal, pentingnya kreatifitas siswa dalam menjawab soal dan mendapatkan jawaban yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal open ended siswa SMP Negeri 30 Muaro jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga subjek yang sedang mempelajari materi pola bilangan dan dapat menyelesaikan soal dengan metode think aloud. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes menggunakan think aloud, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir kreatif dalam menyelesaikan soal open ended pada ketiga subjek yakni, untuk indikator kelancaran semua subjek memenuhi. Indikator keluwesan S1 dan S2 memenuhi. Kemudian indikator keaslian hanya S1 yang memenuhi. Selanjutnya keterincian tidak ada subjek yeng memenuhi. Hasil dari analisis ketiga subjek adalah masih kurangnya gagasan atau kreativitas siswa dalam mengembangkan cara penyelesaian untuk memperjelas jawaban siswa, yang memungkinkan siswa tidak dapat menjawab soal dengan tepat.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: proses berpikir kreatif, open ended, menyelesaikan soal-soal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Maryanti
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:55
Last Modified: 18 Jul 2022 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37360

Actions (login required)

View Item View Item