GAMBARAN LAYANAN TINDAKAN KEGAWATAN PASIEN DI RUANG IGD RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI

Sihombing, Elprida (2022) GAMBARAN LAYANAN TINDAKAN KEGAWATAN PASIEN DI RUANG IGD RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (313kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK ELPRIDA SIHOMBING. GAMBARAN LAYANAN TINDAKAN KEGAWATAN PASIEN DI RUANG IGD RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI Latar Belakang: Instalasi Gawat Darurat (IGD) adalah unit yang berperan utama dalam pelaksanaan manajemen kegawatan pada keadaan krisis atau gawat darurat untuk pasien dengan status kesehatan yang mengalami ancaman, pengkajian kegawatan merupakan tindakan awal yang dilakukan pada pasien yang datang ke IGD pada saat akan dilakukan tindakan. Pada pengkajian kegawatan terdapat beberapa komponen penting yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk penilaian awal pasien saat masuk ke ruangan IGD. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kualitatif Deskriptif Observasional. Metode penelitian Deskriptif Observasional bersifat menyajikan data, menggambarkan data, menganalisis data, dan menginterpretasikan data. jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 70 responden. teknik pengambilan sampel dengan menggunakan menggunakan rumus Lameshow dengan tingkat kepercayaan 90% dan besar penyimpangan 20% atau 0.3 Hasil: Berdasarkan hasil dari penelitian Gambaran Pelayanan Pasien di IGD RSUD H Abdul Manap Kota Jambi karakteristik responden berdasarkan prosedur layanan di lakukan terbanyak yaitu pemberian oksigen dengan jumlah 52 responden (74.28%), tindakan paling banyak dilakukan yaitu pemberian bantuan infuse sebesar 49 responden (70%), pasien dengan bantuan OPA sebanyak 3 responden (4.28%), pasien dengan bantuan BVM 5 responden (7.14%), pasien dengan bantuan Neck collar sebanyak 2 responden (2.85%) pemeriksaan GCS sebanyak 68 responden (97.14) dan pemeriksaan darah sebesar 65 responden (92.85%). Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perawat di IGD RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi sudah cukup baik dalam pelayanan pasien saat menerima pasien masuk dan sudah cukup mengerti akan tindakan apa saja yang baik dilakukan berdasarkan keluhan utama pasien. dengan didukung kategori pasien yang mendapatkan pelayanan secara lengkap dan baik yaitu sebesar 65 responden (92.85%). Kata Kunci: Layanan pasien, Kegawatan, Instalasi Gawat Darurat (IGD). ABSTRACT ELPRIDA SIHOMBING. DESCRIPTION OF SERVICES FOR AMERICAN PATIENT ACTIONS IN THE ER H. ABDUL MANAP HOSPITAL, JAMBI CITY Beckgraound : Emergency Installation (IGD) is a unit that plays a major role in the implementation of emergency management in a crisis or emergency situation for patients with health status who are experiencing threats. In the initial assessment, there are several important components that can be carried out by health workers for the initial assessment of patients when they enter the emergency room. Method: This study uses a descriptive observational qualitative design. Observational descriptive research method is to present data, describe data, analyze data, and interpret data. the number of samples in this study were 70 respondents. sampling technique using the Lameshow formula with a confidence level of 90% and a large deviation of 20% or 0.3. Result: Based on the results of the Overview of Patient Service Research in the ER at RSUD H Abdul Manap Jambi City, the characteristics of respondents based on service procedures were carried out the most, namely giving oxygen with a total of 52 respondents (74.28%), the most action taken was providing infusion assistance by 49 respondents (70%) , patients with OPA assistance as many as 3 respondents (4.28%), patients with BVM assistance 5 respondents (7.14%), patients with Neck collar assistance as many as 2 respondents (2.85%) GCS examination as many as 68 respondents (97.14) and blood examination by 65 respondents (92.85%). Conculation: From the results of this study, it can be concluded that the nurses in the ER at RSUD H. Abdul Manap Jambi City are good enough in patient care when receiving incoming patients and already understand enough about what actions are good to do based on the patient's main complaint. supported by the category of patients who received complete and good service, namely 65 respondents (92.85%). Keywords: Patient services, Emergency, Emergency Room (IGD).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: SIHOMBING
Date Deposited: 18 Jul 2022 07:48
Last Modified: 18 Jul 2022 07:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37371

Actions (login required)

View Item View Item