Pengaruh Permainan Plastisin Terhadap Kecerdasan Visual Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi

Sinambela, Monica (2022) Pengaruh Permainan Plastisin Terhadap Kecerdasan Visual Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (476kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (371kB)
[img] Text
SKRIPSI MONICA SINAMBELA 1 BENAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN MONICA.pdf

Download (322kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kecerdasan visual spasial masih bisa dikatakan belum berkembang. Kecerdasan visual spasial merupakan kemampuan dalam berfikir, memahami, dan memproses sesuatu dalam bentuk visual atau nyata. Anak belum mampu memproses pikirannya ke dalam bentuk visual, anak masih belum mampu menyebutkan benda yang nyata sesuai warna dam beberapa kecerdasan visual spasialnya masih perlu bantuan dari gurunya, anak masih belum mampu mencocokan warna dengan tepat sesuai benda nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan plastisin terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apakah terdapat pengaruh bermain plastisin terhadap kecerdasna visual spasial anak usia 5-6 tahun tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 56 Anak dan sampel dalam penelitian anak kelompok B kelas B3 dengan jumlah anak sebanyak 14 Anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tiga uji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t hitung sebesar (11,245) > tabel (2,179). T tabel didapatkan dari n – 2 = 12 yang dalam distribusi t tabel didapat nilai 2,179. Data tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan, dengan kriteria interpretasi cohen’s d 1,98 masuk dalam kategori kuat (Strong effect). Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh permainan plastisin terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. This research is motivated by the fact that visual-spatial intelligence is still underdeveloped. Visual-spatial intelligence is the ability to think, understand, and process things in a visual or real form. Children have not been able to process their thoughts into visual form, children are still not able to name real objects according to color and some of their visual spatial intelligence still needs help from the teacher, children are still not able to match colors correctly according to real objects. This study aims to determine the effect of plasticine games on the visual-spatial intelligence of children aged 5-6 years in TK Negeri Pembina 2 Jambi City. The formulation of the problem in this study is whether there is an effect of playing plasticine on the visual-spatial intelligence of children aged 5-6 years in TK Negeri Pembina 2 Jambi City. The type of research used in this research is quantitative. By using the experimental method. The experimental method used is a pre-experimental design in the form of a one group pretest-posttest design. The population of this study was group B children, totaling 56 children and the sample in the study was group B children in class B3 with 14 children. The data analysis technique used in this study used three tests, namely normality test, homogeneity test and hypothesis testing. Based on the results of data analysis, the value of t count is (11.245) > table (2.179). The t table is obtained from n – 2 = 12 which in the t table distribution the value is 2.179. The data shows a significant effect, with Cohen's d interpretation criteria of 1.98 falling into the strong category (Strong effect). The conclusion of this study is that there is an effect of playing plasticine on the visual-spatial intelligence of children aged 5-6 years in TK Negeri Pembina 2 Jambi City.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: early childhood visual spatial intelligence, plasticine game kecerdasan visual spasial anak usia dini, permainan plastisin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: SINAMBELA
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:52
Last Modified: 21 Jul 2022 07:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37391

Actions (login required)

View Item View Item