UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 55/I SRIDADI

DARWATI, AAN UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 55/I SRIDADI. UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 55/I SRIDADI. (Submitted)

[img] Text
AAN DARWATI -A1D112043-ARTIKEL.pdf

Download (227kB)

Abstract

Menghadapi masalah belajar yang dialami siswa, sosok guru sebagai pembawa ilmu pengetahuan yang diberikan kepada anak didiknya tidak hanya memperluas cakrawala berpikir, tetapi juga sebagai motivator dalam kegiatan belajar mempunyai peranan penting dalam mengatasi kesulitan belajar anak tersebut dengan memberikan bimbingan dan pengarahan terhadap anak yang mengalami kesulitan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya mengatasi kesulitan belajar siswa kelas III SD Negeri 55/I Sridadi. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif dengan subjek 1 guru kelas III. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan 3 cara; cara pertama dengan melakukan observasi untuk mengetahui upaya kesulitan belajar, yang kedua melakukan wawancara untuk mengetahui informasi mengenai siswa berkesulitan belajar, dan dokumentasi dari observasi yang telah dilakukan selama kegiatan bimbingan belajar berlangsung. Hasil penelitian ini adalah guru menggunakan cara sesuai dengan masalah yang dihadapi siswa. Guru terlebih dahulu harus mengenali cirri-ciri dari siswa yang mengalami kesulitan belajar. Setelah itu, guru juga harus meneliti latar belakang yang menyebabkan siswa tersebut mengalami kesulitan di dalam belajar. Setelah mengetahui ciri-ciri dan penyebabnya, guru akan menentukan jenis bantuan yang tepat bagi masalah tersebut. Hal ini bertujuan agar kesulitan belajar yang dihadapi siswa dapat terselesaikan dengan baik. Dari temuan dan pembahasan penelitian mengenai upaya mengatasi kesulitan belajar siswa kelas III SD Negeri 55/I Sridadi, disimpulkan bahwa SD Negeri 55/I Sridadi melakukan pengajaran perbaikan, memberikan kegiatan pengayaan, memberikan motivasi kepada siswa dan menanamkan sikap dan membiasakan belajar efektif. Kata kunci: Kesulitan Belajar Siswa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: AAN DARWATI
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:00
Last Modified: 15 Mar 2018 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3742

Actions (login required)

View Item View Item