VIZO, VIZO KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MENENTUKAN ISI TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. (Submitted)
![]() |
Text
VIZO A1B114038.pdf Download (99kB) |
Abstract
ABSTRAK Vizo. 2018. Kemampuan Membaca Pemahaman dalam Menentukan Isi Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Kamarudin, M.Pd. (2) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd. Kata kunci : Membaca pemahaman, menentukan, isi teks, deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman dalam menentukan isi teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Manfaat penelitian adalah sebagai dasar untuk mengembangkan pembelajaran membaca sehingga pemahaman terhadap isi teks deskripsi dapat ditingkatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tetulis berupa soal dalam menentukan isi teks deskripsi. Indikator yang dinilai dari penilitian ini adalah (1) menjelaskan tema teks deskripsi, (2) menjelaskan tujuan teks deskripsi, (3) membandingkan isi teks deskripsi, (4) membuat pemetaan isi teks deksripsi. Teknik dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah: (1) tabulasi dari jawaban siswa, (2) penskoran dengan setiap komponen yang dikoreksi dengan rumus, (3) penilaian terhadap hasil skor dengan rumus, (4) pencarian rata-rata nilai tiap penentuan isi teks deksripsi, (5) pencarian rata-rata hasil penelitian P1 dan P2, (6) penafsiran kualitas kemampuan siswa dengan tabel konvensi nilai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Membaca Pemahaman dalam Menentukan Isi Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018 tergolong kualitas kemampuan kurang mampu dengan nilai 55,25. Dapat dijelaskan, dari keempat aspek penilaian yakni menjelaskan tema, menjelaskan tujuan, membandingkan isi, dan membuat pemetaan isi. Penilaian pemahaman dari aspek menjelaskan tema memeroleh nilai rata-rata 134,5 dengan interval persentase 70 tergolong kriteria kualitas kemampuan cukup mampu, pemahaman dari aspek menjelaskan tujuan memeroleh nilai rata-rata 107,5 dengan interval persentase 56 tergolong kriteria kualitas kemampuan kurang mampu, pemahaman dari aspek membandingkan isi memeroleh nilai rata-rata 111,5 dengan interval persentase 58 tergolong kriteria kualitas kemampuan kurang mampu, pemahaman dari aspek membuat pemetaan isi memeroleh nilai rata-rata 71 dengan interval persentase 37 tergolong kriteria kualitas kemampuan tidak mampu. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman dalam menentukan isi teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi Tahun Ajaran 2017/2018 berada pada kategori kurang mampu dengan nilai rata-rata 55,25. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada siswa agar tetap berupaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | VIZO |
Date Deposited: | 16 Mar 2018 02:30 |
Last Modified: | 16 Mar 2018 02:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3743 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |