alifia.ws, salsabilla and Warni, Warni and Salim, Agus (2022) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. S1 thesis, universitas jambi.
![]() |
Text
Gabungan .pdf Download (956kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (468kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SALSA FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Cover .pdf Download (800kB) |
Abstract
Media gambar seri adalah gambar datar yang mengandung cerita, dengan urutan tertentu sehingga antara satu gambar dengan gambar yang lain memiliki hubungan cerita dan membentuk satu kesatuan. Penelitian ini penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengaruh penggunaan media gambar seri dalam terhadap kemampuan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan berupa eksperimen. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design (pretest-postets yang tidak ekuivalen). Teknik penelitian yang diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan teknik tes. Setelah didapatkan kemudian data kemudian data dianalisis dengan empat tahap yaitu uji normalitas,uji homogenitas, uji hipotesis,dan uji n-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi tentang teks fabel, siswa mengalami kesulitan untuk memahami tentang materi teks fabel. Maka dari itu perlu menggunakan sebuah media pembelajaran seperti media gambar seri agar pembelajaran lebih aktif dan juga dengan menggunakan media pembelajara membuah hasil belajar siswa lebih meningkat daripada tanpa menggunakan media pembelajaran. Ditinjau dari hasil penelitian menunjukkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya meteri teks fabel dengan menggunakan media gambar seri termasuk kategori sangat baik. Hal ini terbukti dari hasil belajar siswa yang meningkat yang awal nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 41,92 dengan kriteria kurang baik setelah dilakukan posttest nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,38 dengan kriteria baik, begitu juga kelas kontrol nilai pretest 48, 84 dengan kriteria kurang baik dan posttest nya 65,38 dengan kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh saat menggunakan media gambar seri sebagai media pembelajaran pada materi teks fabel, hal ini dibuktikan dengan nilai yang sudah ada.Selain itu, guru harus bisa merengsang minat siswa dengan memvariasikan media gambar yang diberikan sehingga lebih termotivasi selama kegiatan pembelajaran
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media gambar berseri,kemampuan menulis,teks fabel |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | ALIFIA.WS |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 07:19 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 07:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |