KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HINDUN, HINDUN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JURNAL KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

[img] Text
UPLOAD ARTIKEL FKIP.pdf

Download (138kB)

Abstract

ABSTRAK Hindun. 2018. Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Albertus Sinaga, M. Pd., (II) Drs. Akhyaruddin, M. Hum. Kata Kunci: Kemampuan, menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menerapkan (1) unsur-unsur berita (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana), (2) penggunaan kalimat, dan (3) penggunaan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia (PUEBI) dalam menulis teks berita siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah subjek yang digunakan adalah 26 siswa yang diambil dari siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja dalam menulis teks berita. Indikator yang dinilai dari berita ini adalah (1) penerapan unsur-unsur berita (5W + 1H), (2) penggunaan kalimat, (3) penggunaan PUEBI. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik persentase. Teknik menganalisis data yang dilakukan adalah: (1) menilai satu persatu tulisan siswa oleh P1 dan P2, (2) hasil tulisan siswa dianalisis berdasarkan indikator, (3) menentukan persentase kualitas kemampuan siswa menulis teks berita, (4) menarik kesimpulan berdasarkan kriteria kualitas kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII E berada pada kategori ‘cukup’ dengan nilai rata-rata 66.53. Rincian pada indikator penulisan teks berita antara lain: (1) unsur-unsur berita (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana) hasil yang dicapai oleh siswa berada pada kategori ‘baik’ dengan nilai rata-rata 77.26. (2) penggunaan kalimat (fakta, objektif, lengkap, dan akurat) hasil yang dicapai oleh siswa berada pada kategori ‘cukup’ dengan nilai rata-rata 62.92. (3) penggunaan ejaan (pemakaian huruf, penulisan huruf kapital atau miring, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca), hasil yang dicapai oleh siswa berada pada kategori ‘kurang’ dengan nilai rata-rata 59.73. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII E SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018, berada pada kategori ‘cukup’ dengan nilai rata-rata 66.53. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 7 Muaro Jambi untuk lebih meningkatkan pengajaran tentang menulis teks berita terutama pada penerapan penggunaan kalimat, penulisan kata, penulisan huruf kapital, dan tanda baca.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HINDUN
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:00
Last Modified: 15 Mar 2018 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3744

Actions (login required)

View Item View Item