Profil Kinerja Guru BK Pasca Sertifikasi di SMPN se-Kota Sungai Penuh

ARDILA, META SRI Profil Kinerja Guru BK Pasca Sertifikasi di SMPN se-Kota Sungai Penuh. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH meta sri.pdf

Download (232kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : Profil Kinerja Guru BK Pasca Sertifikasi di SMPN se-Kota Sungai Penuh Nama : Meta Sri Ardilla Nim : A1E113023 Pembimbing I : Prof. Dr.Hj. Emosda, M.Pd. Kons. Pembimbing II : Drs. Rasimin, M.Pd Kata Kunci : Kinerja Guru BK Pasca Sertifikasi. Guru yang memiliki level kinerja tinggi merupakan guru yang memiliki profesionalitas kerja sama dengan atau diatas standar yang ditentukan, begitupun sebaliknya guru memiliki level kinerja rendah. beberapa guru BK yang belum optimal menerapkan aspek-aspek yang ada dalam kompetensi profesional. Misalnya masih seperti polisi sekolah, Guru BK hanya memberikan pelayanan klasikal dan tidak melakukan pelayanan denan format kelompok, tidak berlatar pendidikan guru BK, jumlah guru BK yang sedikit, sehingga siswa beranggapan bahwa guru BK hanya mengurus siswa yang bermasalah. Melihat fenomena yang demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan profil kinerja guru BK pasca sertifikasi. Supardi (2016:45) mengatakan bahwa “kinerja diartikan sebagai prestasi, menunjukan suatu kegiatan atau perbuatan dan melaksanakan tugas yang telah dibebankan. Pengertian kinerja diidentikkan dengan prestasi kerja. Karena ada persamaan antara kinerja dengan prestasi kerja”.Guru Bimbingan dan konseling adalah guru yang membimbing siswa-siswi bimbingannya dengan cara yang sesuai dengan peraturan yang ada di bimbingan konseling, selain itu juga guru bimbingan dan konseling membantu siswa-siswi bimbingan untuk memecahkan masalahnya sendiri secara mandiri.Sertifikasi Guru adalah suatu proses pemberian pengakuan bahwa seseorang telah memiliki kompetensi untuk melaksanakan pelayanan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu, setelah lulus uji kompetensi yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi. Ditinjau dari jenis datanya pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun yang dimaksud dengan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah (Moleong, 2007:6) Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja guru BK pasca sertifikasi di SMPN se-Kota Sungai penuh sudah cukup baik ditunjukan dengan Perencanaan program Bk berjalan dengan baik, Pelaksanaan Program BK berjalan dengan baik, begitu juga melakukan Evaluasi program BK dengan baik.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Meta Sri Ardilla
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:00
Last Modified: 15 Mar 2018 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3745

Actions (login required)

View Item View Item