Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2016 Universitas Jambi

Bahriarninur, Salma (2022) Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Stres Akademik Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2016 Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ABSTRAK (2).pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (161kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (226kB)
[img] Text
SKRIPSI SALMA BAHRIARNINUR (1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi mahasiswa mengalami gejala stress akademik seperti merasa gugup, detak jantung berdetak saat hendak menemui dosen, malas serta kesulitan memahami penjelasan dosen. Efikasi diri yang dimaksud merupakan keyakinan atas kemampuan diri untuk menghadapi situasi atau kondisi dengan maksud mencapai tujuan tertentu. Stres akademik yang dimaksud merupakan kondisi ketidakseimbangan individu secara fisik maupun psikologis mengalami hambatan atau ketidakseimbangan antara tuntutan dan kemampuan dilihat dari gelaja fisik, berpikir, gelaja emosional dan gejala perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara efikasi diri dengan stress akademik mahasiswa angkatan 2016 Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional, dengan populasi 76 mahasiswa angkatan 2016 Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 40 responden, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi (rxy) = -0,748 dengan p = 0,000 (p < 0,050). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara efikasi diri dan stress akademik mahasiswa angkatan 2016 Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. This research is motivated by the condition of students experiencing symptoms of academic stress such as feeling nervous, heartbeat when going to see a lecturer, laziness and difficulty understanding the lecturer's explanation. The self-efficacy in question is a belief in one's ability to deal with situations or conditions with the intention of achieving certain goals. Academic stress is a condition of individual imbalance physically and psychologically experiencing obstacles or imbalances between demands and abilities seen from physical, thinking, emotional and behavioral symptoms. This study aims to look at the relationship between self-efficacy and academic stress of 2016 Guidance and Counseling students at Jambi University. The type of research used is correlational research, with a population of 76 students in the 2016 batch of Guidance and Counseling at Jambi University. This study used a sample of 40 respondents, using simple random sampling technique. Data collection tools using a questionnaire or questionnaire using a Likert scale. The data analysis technique uses product moment correlation. The results of the study obtained a correlation coefficient (rxy) = -0.748 with p = 0.000 (p <0.050). These results indicate that there is a negative and significant relationship between self-efficacy and academic stress of 2016 Guidance and Counseling students at Jambi University.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efikasi Diri, Stres Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Bahriarninur
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:37
Last Modified: 19 Jul 2022 06:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37452

Actions (login required)

View Item View Item