WIJAYA KUSUMA, RACHMAN (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Connecting, Organizing, Reflecting and Extending (CORE) Berbantuan Aplikasi Cabri 3D untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Dimensi Tiga. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematis peserta didik dalam matematika dan dengan adanya pandemi Covid-19, maka dilakukan penelitian tersebut. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematis dalam penggunaan LKPD Berbasis CORE Berbantuan Aplikasi Cabri 3D pada Materi Dimensi Tiga kelas XII SMAN 6 Merangin. Penelitian ini menggunakan LKPD Berbasis CORE Berbantuan Aplikasi Cabri 3D yang dilakukan di laboratorium komputer. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 6 Merangin. Penelitian juga dilakukan pada bulan September 2021 sampai Oktober 2021 secara langsung dengan 13 peserta didik dalam tahap uji lapangan terbatas. Hasil penelitian yakni: disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis CORE berbantuan cabri 3D memenuhi kriteria valid dan praktis. Untuk kriteria valid LKPD divalidasi oleh ahli materi dan ahli desain. Masing-masing hasil validasi memenuhi kategori sangat valid berdasarkan angket validasi materi dengan persentase 96% dan validasi desain dengan persentase 95,45%. Untuk kriteria kepraktisan dilihat dari hasil penilaian angket praktisi pendidik dan angket respon peserta didik. Hasil analisis menunjukan bahwa LKPD memenuhi kategori sangat praktis dari masing-masing angket praktisi pendidik dan angket respon peserta didik. Hasil dari angket praktisi pendidik dengan nilai 100% dan hasil dari angket respon peserta didk dengan nilai 98%. Untuk kemampuan komunikasi matematis peserta didik dilihat dari lembar observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil analisis menunjukan bahwa dari 13 peserta didik, hasil lembar observasi peserta didik adalah 95% dan hasil dari tes kemampuan komunikasi matematis yang dilakukan seluruh peserta didik didapatkan skor setiap peserta didik meningkat dari nilai ujian sebelumnya. Seluruh peserta didik juga mendapat skor di atas dari minimal kategori sedang. Kata Kunci: Cabri 3D, CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending), LKPD, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cabri 3D, CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending), LKPD, Kemampuan Komunikasi Matematis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kusuma |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:17 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |