Sulastri, Fitri (2022) Analisis Keterlaksanaan Model Problem Based Learning dan Korelasinya dengan Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia di SMAN 4 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS UNJA.
Text
COVER.pdf Download (63kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (92kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (392kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (267kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (376kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (258kB) |
|
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Fitri Sulastri 2022. Analisis Pelaksanaan Model Problem Based Learning dan Korelasinya dengan Kemampuan Argumentasi Siswa pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia di SMAN 4 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D, Pembimbing II: Dr.Dra. M. Dwi Wiwik Ernawati, M.Kes. Kata kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Argumentasi, Hukum-hukum Dasar Kimia Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi siswa dalam pembelajaran kimia pada materi kimia kelas X Hukum Dasar Kimia. penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dan asosiatif korelasional karena adanya variabel-variabel yang akan ditelaah hubungannya antara variabel yang akan diteliti. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini melihat bagaimana hubungan model Problem Based Learning dengan kemampuan argumentasi siswa. Pelaksanaan model Problem Based Learning dan korelasinya dengan kemampuan argumentasi siswa pada materi hukum dasar kimia di SMAN 4 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasional dan asosiatif korelasional karena adanya variabel-variabel yang akan ditelaah hubungannya antara variabel yang akan diteliti. . Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen. Pada kelas tersebut akan dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning.. Kemampuan argumentasi siswa diperoleh dari posttest pada pertemuan terakhir pertemuan. Adapun skor yang diperoleh berdasarkan jawaban masalah dan poin dari indikator kemampuan memecahkan masalah itu sendiri. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui ketrampilan siswa dalam berargumen terhadap model Problem Based Learning yang mengacu tiga aspek yaitu claim, evidence, dan reasoning dalam menjawab butir soal. Dalam penelitian ini dilakukan posstest pada akhir materi hukum-hukun dasar kimia dengan tipe soal essay. Tes essay diberikan tanpa pretest dikarena metode penelitiannya posstest only. Untuk mengetahui kemampuan awal siswa dapat dilihat dari nilai ujian yang ada pada guru. Tes essay berisi 6 soal yang mencangkup tingkat kognitif C2,C4,C5. Terdapat hubungan antara model Problem Based Learning dengan kemampuan argumentasi siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji korelasi keterlaksanaan model Problem Base Learning dengan kemampuan argumentasi siswa diperoleh rxy = 0,697671. Menurut interval koefisien 0,60–0,799 memiliki korelasi kuat, maka dapat disimpulkan keterlaksanaan model Problem Based Learning dengan kemampuan argumentasi siswa pada penelitian ini memiliki hubungan yang kuat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Argumentasi, Hukum-hukum Dasar Kimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SULASTRI |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 07:32 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 07:32 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37512 |
Actions (login required)
View Item |