Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Smp Xaverius 2 Kota Jambi

Liariati, Rika Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Smp Xaverius 2 Kota Jambi. Bimbingan Dan Konseling Unja. (Submitted)

[img] Text
1. ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (360kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Smp Xaverius 2 Kota Jambi Nama : Rika Liariati NIM : A1E113032 Pembimbing Skripsi I : Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Pembimbing Skripsi II : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Kata kunci : Konsep Diri, Motivasi Belajar Penelitian ini berlatar belakang berdasarkan fenomena yang terlihat di lapangan yaitu sekolah SMP Xaverius 2 Kota Jambi. Konsep diri yang ada pada sekolah tersebut berbeda-beda. Peneliti lebih berfokus pada konsep diri positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan konsep diri dengan motivasi belajar siswa SMP Xaverius 2 Kota Jambi. Berdasarkan batasan masalah dan latar belakang maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan konsep diri dengan motivasi belajar siswa SMP Xaverius 2 Kota Jambi. Konsep diri menurut Fitts dalam Agustiani (2006 : 138-139) mengatakan bahwa konsep diri merupakan aspek penting dalam diri seseorang. Konsep diri merupakan kerangka acuan (frame of refence) dalam berinteraksi dengan ketika individu mempersepsikan dirinya, berinteraksi dan bereaksi terhadap dirinya , memberikan arti dan penilaian abstraksi tentang dirinya. Berarti dia menunjukkan suatu kesadaran diri (self awernes) dan kemampuan untuk keluar dari dirinya sendiri untuk melihat dirinya seperti yang ia lakukan terhadap dunia luar dirinya. Sedangkan menurut A.M. Sardiman (2005:75) motivasi belajar dapat diartikan sebagai serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau dan ingin melakukan sesuatu, dan bila ia tidak suka, maka akan berusaha untuk meniadakan atau mengelak perasaan tidak suka itu. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Variabel penelitian ini ada 2 yaitu variabel x dan y vaeriabel x : konsep diri dan variabel y : motivasi belajar siswa. Populasi penelitian ini terdiri dari 184 siswa yaitu jumlah siswa kelas VIII dan IX SMP Xaverius 2 Kota Jambi. Sampel penelitian ini 88 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket 59 item/pernyataan. Uji persyaratan analisa yang di gunakan uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik paramatik analisa corellations person dengan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil uji korelasi product moment diatas didapatkan hasil r hitung sebesar 0,555. Hal ini menunjukkan bahwa hasil uji korelasi menggunakan rumus korelasi product moment formula panjang sama hasilnya dengan output uji korelasi. Sehingga dapat di simpulkan bahwa “Terdapat hubungan konsep diri dengan motivasi belajar siswa kelas VIII dan IX di SMP Xaverius 2 Kota Jambi” hasil korelasi hubungan tersebut sedang/memadai. Implikasi yang dapat diberikan oleh hasil penelitian ini terhadap bimbingan dan konseling di sekolah yaitu dengan menjadikan hasil penelitian ini sebagai masukan bagi guru pembimbing dan pihak sekolah untuk merancang program bimbingan konseling dengan layanan-layanan yang nantinya bisa bermanfaat bagi siswa sendiri.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rika Liariati
Date Deposited: 16 Mar 2018 02:30
Last Modified: 16 Mar 2018 02:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3753

Actions (login required)

View Item View Item