FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN MASKER UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 PADA PEDAGANG DI PASAR ANGSO DUO KOTA JAMBI

Fransiska, Endah (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PENGGUNAAN MASKER UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 PADA PEDAGANG DI PASAR ANGSO DUO KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Cover-2.pdf

Download (25kB)
[img] Text
PENGESAHAN-2.pdf

Download (663kB)
[img] Text
ABSTRAK FIX.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang : Covid-19 atau Corona Virus Disease-2019 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru ditemukan dan dikenal sebagai sindrom pernapasan akut parah virus corona 2 (SARS-CoV-2). Salah satu pencegahan yang efektif untuk meminimalisir penularan Covid-19 adalah dengan penggunaan masker yang baik dan benar. Salah satu tempat umum yang rawan terjadi penularan Virus Corona adalah Pasar, karena Pasar adalah tempat yang cenderung kotor dan orang-orang saling berdesakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, keterpaparan media informasi, kepercayaan terhadap Covid-19, kenyamanan dan kebijakan terhadap perilaku penggunaan masker pada Pedagang di Pasar Angso Duo Kota Jambi. Metode : Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pedagang aktif di Pasar Angso Duo Kota Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 106 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan uji Chi-Square dan analisis yang dilakukan dengan menggunakan program SPSS for Windows. Adapun analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 14 pedagang ( 13,2%) Pedagang yang patuh dan 92 Pedagang (86,8%) yang tidak patuh dalam penggunaan masker. Adapun hasil uji statistik variabel penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan (value = 0,002), sikap (value = 0,001), keterpaparan informasi kesehatan (value = 0,415), kepercayaan terhadap Covid-19 (value = 0,032), kenyamanan (value = 0,000) dan kebijakan (value = 0,01). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa keterpaparan informasi kesehatan tidak ada hubungan yang signifikan dengan perilaku penggunaan masker. Saran yang dapat diberikan kepada pihak pengelola Pasar Angso Duo Kota Jambi yaitu secara rutin melakukan sosialisasi, lebih memperketat pengawasan di area Pasar, serta pemberian penghargaan kepada Pedagang yang tetap disiplin dalam penggunaan masker. Kata Kunci : Covid-19, Masker, Kepatuhan, Pasar

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Masker, Kepatuhan, Pasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: FRANSISKA
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:23
Last Modified: 19 Jul 2022 04:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37540

Actions (login required)

View Item View Item