Briza, Hesti (2018) PENGARUH REGULASI DIRI SISWA YANG MELIPUTI ASPEK METAKOGNISI, MOTIVASI DAN PERILAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 16 KOTA JAMBI. Regulasi Diri, Metakognisi, Motivasi, Perilaku, dan Hasil Belajar. (Unpublished)
![]() |
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (541kB) |
Abstract
PENGARUH REGULASI DIRI SISWA YANG MELIPUTI ASPEK METAKOGNISI, MOTIVASI, DAN PERILAKU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMPN 16 KOTA JAMBI 0leh: Hesti Briza1), Husni Sabil2), Feri Tiona Pasaribu3) 1) Alumni Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi 2) dan 3) Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP universitas Jambi Email: hestibriza@gmail.com ABSTRAK Regulasi diri merupakan proses untuk mengaktifkan dan mengatur pikiran, perilaku dan emosi dalam mencapai suatu tujuan. Akan tetapi, regulasi diri siswa dalam proses pembelajaran dan kegiatan sehari-hari belum optimal. Berdasarkan kenyataannya banyak siswa yang tidak mempu mengatur dirinya sendiri. Regulasi diri terdiri dari tiga aspek yaitu metakognisi, motivasi dan perilaku. Metakognisi merupakan suatu kesadaran diri seseorang terhadap proses dan hasil berpikirnya dalam belajar melalui perencanaan, monitori dan evaluasi suatu permasalahan yang dihadapinya. Motivasi merupakan energi aktif yang menyebabkan terjadinya perubahan pada diri seseorang. Dan perilaku siswa yang belajar mampu menyeleksi, menyusun, dan menata lingkungan belajar melalui interaksi dan motivasi. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara regulasi diri siswa yang meliputi aspek metakognisi, motivasi, dan perilaku terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kiantitatif dengan analisis regresi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: angket siswa, dan tes hasil belajar siswa. Proses pembuatan instrumen dilanjutkan dengan validasi instrumen kepada dosen ahli dan guru matematika disekolah tersebut. Dilanjutkan dengan uji coba instrumen, didapatkan hasil reliabitas angket dengan rata-rata sebesar 1,0714 dan reliabilitas tes sebesar 0,5796. Kemudian dari uji taraf kesukaran dan uji daya beda didapatkan 12 soal yang masih layak untuk dijadikan soat tes untuk penelitian. Dari hasil analisis yang dilakukan terdapat pengaruh yang signifikan antara metakognisi siswa dan hasil belajar matematika dengan nilai thitung = 2,655 > ttabel = 1,701 maka H0 ditolak atau memiliki pengaruh sekitar 32,15%, terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi dan tes hasil belajar matematika dengan nilai thitung = 2,548 > ttabel = 1,701 maka H0 ditolak atau memiliki pengaruh sekitar 28,84% dan terdapat pengaruh yang signifikan antara perilaku dan tes hasil belajar siswa dengan nilai thitung = 2,651 > ttabel = 1,701 maka H0 ditolak atau memiliki pengaruh sekitar 32,04%. Pengaruh metakognisi, motivasi dan perilaku secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (14,303 > 2,94) maka tolak H0. Kata Kunci: Regulasi Diri, Metakognisi, Motivasi, Perilaku, dan Hasil Belajar
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hesti Briza |
Date Deposited: | 20 Mar 2018 01:06 |
Last Modified: | 20 Mar 2018 01:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3756 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |