Amirunnizam, Amirunnizam (2022) Pengembangan E-Learning berbasis Moodle menggunakan Flipped Classroom pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
Halaman Pernyataan.pdf Download (330kB) |
![]() |
Text
Skripsi-Amirunnizam-A1C217032.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (132kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh hasil pengembangan dan mendeskripsikan kualitas e-Learning berbasis Moodle menggunakan flipped classroom pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009). ADDIE merupakan sebuah akronim dari tahapan yang ada di dalamnya yakni Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate (evaluasi). Subjek uji coba penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IX SMPN 8 Muaro Jambi dengan uji coba perorangan yang dilakukan 1 orang guru matematika dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 9 orang siswa dengan rendah, sedang, dan tinggi dari segi kognitif, keterampilan, minat dan bakat, sedangkan untuk uji coba lapangan yaitu kelas IX B yang berjumlah 27 peserta didik. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket validasi media, angket persepsi guru terhadap e-Learning, angket persepsi peserta didik terhadap e-Learning, dan angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa eLearning berbasis Moodle menggunakan flipped classroom termasuk kedalam kriteria valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran serta efektif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut dilihat dari : 1) Rerata skor kevalidan e-Learning dari ahli materi 3,82 (sangat valid) dan ahli media 3,81 (sangat valid), 2) Rerata skor kepraktisan e-Learning oleh guru 4,00 (sangat praktis) dan peserta didik 3,60 (sangat praktis), 3) Rerata skala motivasi belajar peserta didik sebelum menggunakan e-Learning adalah 2,82 (sedang) dan skala motivasi peserta didik setelah menggunakan. e-Learning adalah 3,28 (tinggi).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Learning, Moodle, Flipped Classroom, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Amirunnizam |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 07:28 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 07:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37602 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |