Pengembangan Morning Bean (Media Mobile Learning Berbasis Android) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi pada Materi Aritmetika Sosial

Erawati, Maria Diti (2022) Pengembangan Morning Bean (Media Mobile Learning Berbasis Android) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi pada Materi Aritmetika Sosial. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (330kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Mobile Learning berbasis Android untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VII SMP pada materi aritmetika sosial serta mendeskripsikan kualitas media berdasarkan 3 kriteria kelayakan, yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah Dosen Pendidikan Matematika Universitas Jambi sebagai tim validator, guru matematika kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi pada uji perorangan, 9 orang siswa kelas VII G pada uji kelompok kecil, serta seluruh siswa kelas VII F SMP Negeri 22 Kota Jambi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu media mobile learning berbasis android untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa pada materi aritmetika sosial. Media mobile learning berbasis android yang dikembangkan disajikan berisi lengkap yang terdiri dari video pembelajaran, materi pembelajaran, contoh soal, serta latihan soal yang disusun sesuai dengan indikator kemampuan literasi matematis siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validasi desain, lembar validasi materi, lembar validasi praktisi, lembar praktikalitas siswa, lembar angket respon siswa, dan lembar tes literasi matematis. Media Mobile Learning berbasis Android mengalami revisi berdasarkan saran dan komentar dari masing-masing validator dan berdasarkan evaluasi uji kelompok kecil. Media mobile learning berbasis android memenuhi kriteria kelayakan dari segi kevalidan dengan jumlah persentase yaitu 81,16% dengan kategori valid, kriteria kelayakan dari segi kepraktisan dengan jumlah persentase yaitu 93,72 dengan kategori sangat praktis, dan kriteria kelayakan dari segi keefektifan diperoleh dari lembar respon siswa dengan besar persentasenya adalah 90.79% dan dari hasil tes kemampuan literas matematis siswa dari perhitungan N-Gain Score adalah sebanyak 22 orang siswa dengan efektifitas sedang dan tinggi serta 2 orang dengan efektifitas rendah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Mobile Learning, Literasi Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erawati
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:22
Last Modified: 19 Jul 2022 07:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37607

Actions (login required)

View Item View Item