ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI

Purba, Desi Aspita (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (302kB)
[img] Text
SKRIPSI A1C218027 DESI ASPITA PURBA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan peserta didik dalam memahami ide-ide dan menangkap arti dari materi yang dipelajari, sehingga dapat dikatakan peserta didik bukan hanya menghafal materi tetapi juga dapat menggunakan konsep dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran Flipped Classroom materi Perbandingan di kelas VII SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang dilabelkan dengan ST, SS, dan SR. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara memberikan lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan juga melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis diperoleh fakta bahwa siswa yang mampu memenuhi semua indikator dengan baik adalah siswa yang mampu belajar melalui model flipped classroom. Siswa yang dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep adalah siswa yang memiliki nilai tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang tertinggi. Selanjutnya untuk subjek yang tidak dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemahaman konsep matematis adalah subjek yang belum dapat sepenuhnya belajar menggunkan model flipped classroom. Dimana, kebanyakan subjek hanya menuliskan ulang saja materi yang ada divideo tanpa membahasnya ulang dirumah. Subjek yang tidak memenuhi semua indikator adalah subjek yang memiliki nilai kemampuan pemahaman konsep matematis yang sedang (KKM) dan subjek dengan nilai tes kemampuan pemahaman konsep matemtatis terendah.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Pemahaman Konsep Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PURBA
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:21
Last Modified: 19 Jul 2022 07:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37608

Actions (login required)

View Item View Item