ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Wulandari, Irvini (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
A1C218016_ Irvini Wulandari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
Hal sampul judul.pdf

Download (29kB)
[img] Text
Persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Abstrak (1).pdf

Download (7kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket kemandirian belajar, memberikan tes pemecahan masalah dan wawancara kepada subjek penelitian. Setelah data didapat, data dianalisis secara kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada siswa kategori kemandirian belajar tinggi yang belum memenuhi indikator berpikir kritis situation dan clarity pada tahap pemecahan masalah matematika.Masih terdapat siswa kategori kemandirian belajar sedang yang belum memenuhi indikator berpikir kritis inference, situation, clarity dan overview pada tahap pemecahan masalah matematika. Sedangkan siswa kategori kemandirian belajar rendah masih terdapat siswa yang belum memenuhi indikator kritis reason, inference, situation, clarity dan overview pada tahap pemecahan masalah matematika. Hal ini karena siswa belum berpartisipasi aktif dalam upaya guru menanamkan pemikiran kritis seperti berpikiran terbuka, menumbuhkan keingintahuan intelektual, perencanaan dan strategi serta kehati-hatian intelektual. Selain itu, kegiatan belajar mandiri siswa hanya akan terjadi jika ada suatu keadaan tertentu dan selama belajar secara mandiri siswa belum memahami materi dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematika, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Wulandari
Date Deposited: 20 Jul 2022 01:56
Last Modified: 20 Jul 2022 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37622

Actions (login required)

View Item View Item