SAPUTRA, JUMARDI EKO (2022) ANALISI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA TIPE ARTISAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI KELILING DAN LUAS SEGITIGA DITINJAU DARI PENGETAHUAN PROSEDURAL. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
Jumardi Eko Saputra NIM RRA1C217005.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Eko Saputra, Jumardi 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Tipe Artisan dalam Menyelesaikan Soal Materi Keliling dan Luas Segitiga Ditinjau dari Pengetahuan Prosedural. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd. (II) Ade Kumalasari, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Pemecahan Masalah, Siswa Tipe Artisan, Pengetahuan Prosedural Penelitian ini dilatar belakangi oleh salah satu karakteristik dari siswa tipe artisan, cenderung melakukan apapun dilakukan degan cepat dan efektif meskipun tidak sesuai dengan aturan, sementara itu pembelajaran matematika terutama pemecahan masalah menuntut siswa memiliki pengetahuan prosedural untuk memperdalam pemahaman memecahkan masalah matematika, dan harus dengan aturan-atruan penyelesaian yang runtun. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan berdasarkan pengetahuan prosedural. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa tipe kepribadian artisan kelas VII A SMP N 1 Kuala Tungkal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes MBTI, lembar soal pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahapan memahami masalah dan menyusun rencana untuk menyelesaiakan masalah semua subjek terlihat telah dapat memahami dan menyimpulkan informasi yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah serta telah dapat menuliskan strategi yang akan digunakan. Pada tahap melaksanakan rencana hanya subjek S-At 1 salah menggunkan strategi yang dibuat sebelumnya dimana subjek menuliskan 5 kali putaran sementara pada tahapan sebelumnya menuliskan 4 kali putran pada tahapan ini. Dan pada tahapan memeriksa kembali seluruh subjek dapat menjelsakan dan menguji kembali jawaban walaupun ada beberapa yang belum tepat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah, Siswa Tipe Artisan, Pengetahuan Prosedural |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SAPUTRA |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:26 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:26 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |