PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X

Lumbantoruan, Artha (2022) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS PEMECAHAN MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI GERAK MELINGKAR UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SAMPUL ARTHA.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LBR PERSETUJUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LBR PENGESAHAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text
02_ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (403kB)
[img] Text
08_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (420kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya keterampilan proses sains (kps) siswa. Sesuai dengan kurikulum 2013, aspek penilaian hasil belajar terdiri dari kognitif, psikomotorik, dan afektif. Namun, aspek psikomotorik terabaikan karena tidak adanya media belajar yang tersedia untuk mencapai kebutuhan aspek keterampilan. Berdasarkan hal tersebut penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengembangkan e-modul pada materi gerak melingkar untuk melatih keterampilan siswa dalam memproses sains. Jenis pengembangan menggunakan tahapan ADDIE dengan desain uji lapangan the static group design. Subjek pada tahap implementasi adalah siswa-siswi kelas X IPA SMAN 11 Kota jambi dengan sampel sebanyak 2 kelas. Pada kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif yang meliputi analisiskebutuhan, analisis pegetahuan awal, analisis kurikum, saran dan komentar ahli, respon praktisi, serta skor kps siswa. Teknik analisis data kualitatif dilakukan menggunakan teknik spiral dan triangulasi, sedangkan data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif, analisis inferensial, serta uji efektivitas. Analisis inferensial menggunakan uji independent sample t-test serta uji efektivitas menggunakan effect size Cohen’s d . Hasil pengembangan e-modul berbasis pemecahan masalah adalah valid dan efektif untuk melatih kps siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji efektivitas dengan nilai koefisien Cohen’s d lebih besar dari 1.30 dengan kategori sangat efektif.

Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Modul elektronik, liveworksheets, problem based learning, pemecahan masalah, keterampilan proses sains
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AS Academies and learned societies (General)

L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Lumbantoruan
Date Deposited: 20 Jul 2022 02:40
Last Modified: 20 Jul 2022 02:40
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37648

Actions (login required)

View Item View Item