METODE PEER TUTORING DALAM PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN AN-NUR TANGKIT SUNGAI GELAM MUARO JAMBI

Oktavia, Ririn (2022) METODE PEER TUTORING DALAM PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN AN-NUR TANGKIT SUNGAI GELAM MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] Text
Ririn Oktavia.pdf

Download (79kB)
[img] Text
Ririn Oktavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Oktavia, Ririn. 2022. Metode Peer Tutoring Dalam Pembelajaran Muhadatsah Di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Sungai Gelam. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Eva Iryani, S.Pd.,M.Pd.I, Pembimbing (II) Mar’atunSholiha, S.Pd.I.,M.Pd.I Kata kunci : Peer Tutoring, Belajar, Tutor. Penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode peer tutoring pada pembelajaran bahasa Arab terkhususnya muhadatasah santri/santriwati kelas 2 serta apa saja kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaan metode peer tutoring ini. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren An-Nur Tangkit Sungai Gelam Muaro Jambi pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2022. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawamcara, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan santri/santriwati MTs Pondok Pesantren An-Nur Tankit Sungai Gelam Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan metode peer tutoring ini siswa lebih aktif dalam belajar serta siswa yang ditunjuk sebagai penutor bisa menjadi fasilitator bagi teman-teman sebaya nya dan belajar kepemimpinan serta tanggung jawab. Didalam pelaksanaan tentunya dibimbing, diarahkan serta pengawasan dari guru agar berjalan dengan sebagai mana mestinya. Dibalik kelebihan tentu saja ada kelemahan dalam metode ini yaitu memakan waktu yang lama karena guru terlebih dahulu menutor siswa yang bertugas menjadi penutor, dan juga murid yang memiliki nilai tertinggi tidak langsung otomatis menjadi penutor melainkan ada pertimbangan terlebih dahulu. Adapun upaya dan solusinya adalah guru harus meluangkan waktu lebih untuk membimbing penutor serta mencari tutor yang tepat agar pelaksanaan peer tutoring ini berjalan sebagai mana mestinya serta melakukan evaluasi belajar.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peer Tutoring, Belajar, Tutor.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: OKTAVIA
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:29
Last Modified: 21 Jul 2022 07:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37649

Actions (login required)

View Item View Item