Nurjannah, Selvi (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRASIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK. S2 thesis, UINSTS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan dan persetujuan.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
ABSTRACT.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
ABSTRACT Selvi Nurjannah, 2022. Pengebangan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Materi Pertidaksamaan Rasional dan Irasional untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Matematika, Universitan Jambi. (I) Prof.Dr. Muhammad Rusdi, S. Pd, M.Sc. Pembimbing (II) Dr. Nizlel Huda, M. Kes. Kata Kunci : LKPD, Discovery Learning , Berpikir Kretif , Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Berpikir dan proses berpikir adalah merupakan ciri yang membedakan antara manusia dengan makhluk hidup yang lainnya. Setiap orang dapat berpikir, akan tetapi proses berpikir itu tidak dapat diamati secara langsung, berpikir, memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu yang baru adalah kegiatan yang kompleks dan berhubungan satu satu sama lain. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui prosedur yang direkomendasikan dalam mendesain dan mengembangkan produk, serta untuk mengetahui kondisi yang kondusif untuk mendesain dan mengembangkan produk secara efisien dan juga untuk mengetahui potensi dampak yang dapat dideskripsikan oleh produk untuk meningkatkan kemmapuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitan R&D yang bertujuan untuk melihat prosedur pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model ADDIE, istrumen yang dikugakan angket respon peserta didi, lembar wawancara guru dan lembar validasi. Hasil yang didapat dari peneitian ini pada tahap analisis pengembang harus mengembangkan LKPD yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik yaitu yang besifat interaktif, menyesuaikan sarana dan prasarana yang ada disekolah serta mampu digunakan peserta didik dan guru dengan mudah. Tahap ke dua yaitu desain pada tahap ini peneliti menentukan Tim pengembangan pada LKPD Berbasis Discovery Learning pada materi pertidaksamaan rasional dan irasional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis, mempunyai tim kerja dengan tugas masing-masing dalam pengembangan LKPD tersebut. Tim kerja teridiri dari peneliti sebagai pembuat produk LKPD, 2 orang dosen pembimbing dalam melakukan penelitian, dan 3 orang dosen sebagai validator ahli untuk menilai produk yang dihasilkan, guru sebagai penilai produk pratisi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah LKPD yang dikembangkan telah layak di gunakan dengan nilai skala 6,1%, dan LKPD yang dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan ADDIE.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Discovery Learning , Berpikir Kretif , Pertidaksamaan Rasional dan Irasional |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurjannah |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 06:57 |
Last Modified: | 21 Jul 2022 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37655 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |