Denofri, Denofri (2022) Identifikasi Peran Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar peran orangtua dalam mendampingi anak belajar dirumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif merupakan penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan subjek saat ini, atau menggambarkan lapangan sebagaimana adanya. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah orangtua siswa yang lengkap yang anaknya sekolah di SD Negeri 45/III Siulak Kecil Kabupaten Kerinci yang berjumlah 115 orang. Adapun teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu stratified Random Sampling dengan sampel yang sudah ditetapkan yaitu berjumlah 53 orang. Alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan rumus Formula C. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menciptakan suasana yang nyaman untuk anak belajar berada pada tingkat “tinggi” yaitu 79,52%, mendampingi anak belajar dirumah berada pada tingkat “tinggi” yaitu 83,39%, menjadi contoh yang baik untuk anak berada pada tingkat “tinggi” yaitu 87,64%, membimbing dan menasehati anak berada pada tingkat “tinggi” yaitu 88,07%, berkomunikasi dengan guru berada pada tingkat “tinggi” yaitu 83,11%, dan kesimpulan hasil keseluruhan berada pada tingkat “tinggi” yaitu 84,18%. Saran untuk orangtua agar dapat terus mendampingi dan terus memantau perkembangan belajar anak, serta selalu berkomunikasi dengan guru tentang perkembangan belajar anak. This study aims to see how big the role of parents in assisting children to study at home. This type of research is descriptive research is research that seeks to describe the current state of the subject, or describe the field as it is. While the approach used is a quantitative approach with a survey method. The population in this study were parents of complete students whose children attended SD Negeri 45/III Siulak Kecil, Kerinci Regency, amounting to 115 people. The sampling technique used is stratified random sampling with a predetermined sample of 53 people. The data collection tool is in the form of a questionnaire. The data analysis technique used is using the Formula C formula. The results of this study indicate that creating a comfortable atmosphere for children to learn is at a "high" level of 79.52%, accompanying children to study at home is at a "high" level of 83.39%, being a good example for children at a "high" level. high" that is 87.64%, guiding and advising children is at a "high" level of 88.07%, communicating with teachers is at a "high" level of 83.11%, and the conclusion of the overall results is at a "high" level, namely 84.18%. Suggestions for parents to be able to continue to accompany and continue to monitor children's learning progress, and always communicate with teachers about children's learning development.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran orangtua, mendampingi, belajar the role of parents, accompanying, learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | DENOFRI D |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 04:23 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 04:23 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |