FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE WISATA BUDAYA ISLAM PADA MUSEUM MENARA GENTALA ARASY SEBERANG KOTA JAMBI

Dhuha, Dimi Awalia (2022) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KE WISATA BUDAYA ISLAM PADA MUSEUM MENARA GENTALA ARASY SEBERANG KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (980kB)
Official URL: https://repository.unja

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Menara Gentala Arasy dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi wisatawan untuk berkunjung ke wisata budaya Islam pada Menara Gentala Arasy Seberang Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini didapat dari jawaban kuesioner wisatawan yang berkunjung ke Menara Gentala Arasy. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan ialah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan karakteristik wisatawan yang berkunjung ke Menara Gentala Arasy berdasarkan jenis kelamin, umur, agama, jarak tempuh ke Menara Gentala Arasy, transportasi yang digunakan, jumlah kunjungan dalam setahun, pengetahuan mengenai konsep wisata halal dan tujuan berkunjung. Berdasarkan hasil dari koefisien regresi menunjukkan bahwa ada 2 variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung yaitu variabel pelayanan (X3) dengan nilai signifikan sebesar 0,004 < 0,050 dan variabel religiusitas (X5) dengan nilai signifikan sebesar 0,043 < 0,050. Dan ada 1 variabel yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung yaitu variabel objek dan daya tarik wisata (X4) dengan nilai signifikan sebesar -0,002 < 0,050. Sedangkan variabel yang tidak berpengaruh terhadap keputusan berkunjung yaitu variabel lokasi (X1) karena nilai signifikan sebesar 0,540 > 0,050 dan variabel fasilitas (X2) dengan nilai signifikan sebesar 0,270 > 0,050. Kata kunci : wisata halal, keputusan berkunjung, lokasi, fasilitas, pelayanan, objek dan daya tarik wisata, religiusitas. ABSTRACT This study aims to determine the tourists who visit the Gentala Arasy Tower and analyze the factors that influence tourists to visit Islamic cultural tourism at the Gentala Arasy Tower Seberang Jambi City. This type of research is quantitative research with a descriptive approach. The source of the data used in this study was obtained from the answers to the questionnaires of tourists who visited the Gentala Throne Tower. The sampling technique in this study used non-probability sampling with an accidental sampling approach. The analytical technique used is multiple linear regression analysis. The results of the study found the characteristics of tourists visiting the Gentala Throne Tower based on gender, age, religion, distance to the Gentala Throne Tower, transportation used, number of visits in a year, knowledge of the concept of halal tourism and the purpose of visiting. Based on the results of the regression coefficients, it shows that there are 2 variables that have a positive and significant effect on the decision to visit, namely the service variable (X3) with a significant value of 0.004 < 0.050 and the religiosity variable (X5) with a significant value of 0.043 < 0.050. And there is 1 variable that has a negative and significant effect on the decision to visit, namely the object and tourist attraction variable (X4) with a significant value of -0.002 < 0.050. While the variables that have no effect on the decision to visit are the location variable (X1) because the significant value is 0.540 > 0.050 and the facility variable (X2) with a significant value of 0.270 > 0.050. Keywords: halal tourism, decision to visit, location, facilities, services, tourist objects and attractions, religiosity

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: halal tourism, decision to visit, location, facilities, services, tourist objects and attractions, religiosity
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: dhuha
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:07
Last Modified: 20 Jul 2022 04:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37704

Actions (login required)

View Item View Item