Lestari, Puspa and <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali, <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali and <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali, <font style="vertical-align: inherit;"><font style="vertical-ali (2022) STRES KERJA DAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING GURU HONORER DI SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
COVER .pdf Download (35kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (70kB) |
|
Text
BAB V KESIMPULAN .pdf Download (51kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (82kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR REFERENSI .pdf Download (36kB) |
|
Text
SKRIPSI SIDANG PUSPA LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK PUSPA.pdf Download (34kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana faktor stres kerja dan faktor yang mempengaruhi psychological well-being guru honorer di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa stres kerja merupakan tekanan yang sering terjadi di dalam diri seseorang. Sedangkan psychological well-being merupakan perasaan bahagia yang dimiliki setiap individu. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian case study. Subyek didalam penelitian ini adalah guru honorer. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini membahas bahwa: (1) faktor-faktor stres kerja guru honorer di SMP Negeri 4 Kota Jambi berasal dari penghasilan, siswa dan lingkungan kerja yang kurang nyaman. Sarana dan prasarana di SMP Negeri 4 Kota Jambi masih ada yang kurang lengkap seperti belum bisa digunakan ruang laboraturium komputer, kekurangan printer dan kipas angin di dalam kelas. (2) faktor yang mempengaruhi psychological well-being guru honorer di SMP Negeri 4 Kota Jambi. Faktor tersebut juga berasal dari penghasilan dan rekan kerja, Banyaknya tugas tidak membuat semangat guru honorer menurun, melainkan terus meningkat ditambah lagi beberapa diantaranya sedang mengikuti program guru penggerak yang dipilih langsung oleh kepala sekolah yang dilaksanakan dari Kemendikbud. Guru disini juga mempunyai usaha sampingan, kemudian guru honorer di SMP Negeri 4 Kota Jambi pernah diberikan reward dari atasan maupun rekan kerja serta siswa, hal itu berupa ucapan dan penghargaan. Adapun faktor pendukung untuk meningkatkan psychological well-being guru honorer di SMP Negeri 4 Kota Jambi yakni memiliki penghasilan yang cukup, keluarga yang senantiasa mendukung (misalnya orang tua dan pasangan) serta rekan kerja yang nyaman.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | LESTARI |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 08:02 |
Last Modified: | 20 Jul 2022 08:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37708 |
Actions (login required)
View Item |