MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

SIREGAR, RAFIKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL RAFIKA SIREGAR.pdf

Download (305kB)

Abstract

ABSTRAK Siregar, R. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa Menggunakan Model Time Token Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Drs. Arsil, M.Pd dan Pembimbing II Akmal Arif, M.Pd Kata kunci :Kemampuan Mengemukakan Pendapat, Model Time Token. Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 14/I Sungai Baung masih kurang dengan hasil obervasi kemampuan mengemukakan pendapat siswa sebesar 40%. Kurangnya kesempatan yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya mengakibatkan timbulnya kesenjangan dalam mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran IPS, kurangnya variasi model pembelajaran juga membuat siswa bosan dan tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada pembelajaran IPS melalui model time token pada siswa kelas V SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi kemampuan mengemukakan pendapat siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran time token. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model time token dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pembelajaran IPS. Berdasarkan lembar observasi kemampuan mengemukakan pendapat siswa menunjukkan adanya peningkatan, dengan hasil persentase kemampuan mengemukakan pendapat siswa sebesar 57,1% dengan kategori cukup baik pada siklus I dan 81% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan temuan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengemukakan pendapat siswa pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN 14/I Sungai Baung dapat meningkat setelah diterapkan model time token.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: RAFIKA SIREGAR
Date Deposited: 19 Mar 2018 02:44
Last Modified: 19 Mar 2018 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3771

Actions (login required)

View Item View Item