PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ANIMASI POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 3 SMA ADHYAKSA 1 JAMBI

Mardila Fitri Mui, Deska (2022) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ANIMASI POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 3 SMA ADHYAKSA 1 JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK skripsi.pdf

Download (9kB)
[img] Text
bab_I[1].pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB_V[1].pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR_RUJUKAN[1].pdf

Download (20kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (292kB)
[img] Text
skripsi yudisium.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Mui, Deska Mardila Fitri. 2022. Penerapan Metode Problem Based Learning Berbasis animasi power point Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Adhyaksa 1 Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah dan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd. (II) Isrina Siregar, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Problem Based Learning, Animasi Power Point, Berpikir Kritis. Rendahnya berpikir kritis siswa disebabkan karena adanya beberapa masalah yang perlu diperbaiki. Beberapa masalah ini antara lain masih banyak siswa yang belum terasah dan menerapkan kemampuan berpikir kritisnya dalam pelajaran disebabkan guru belum menanamkan kemampuan berpikir kritis kepada siswa, siswa yang mengobrol saat jam pembelajaran dan tidak memperhatikan guru menyampaikan materi yang diajarkan, kurang menariknya pembelajaran guru tidak menerapkan inovasi baru dalam pembelajaran, dan kurangnya penggunaan metode pembelajaran aktif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode problem based learning berbasis animasi power point pada mata pelajaran sejarah peminatan kelas XI IPS 3 SMA Adhyaksa 1 Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Penelitian ini dilakukan di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa.Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik uji validitas data yang berpusat pada validitas hasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapatnya peningkatan berpikir kritis siswa kelas XI IPS 3 SMA Adhyaksa 1 Jambi dengan menggunakan metode problem based learning berbasis animasi power point yang diperoleh dari nilai kognitif/ pengetahuan siswa pada siklus I dengan persentase 56%, pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan persentase 67%, dan pada siklus III juga mengalami peningkatan dengan persentase 85,1%. Pada lembar pengamatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dengan persentase 63%, pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan persentase 74%, dan pada siklus III juga menunjukkan mengalami peningkatan dengan persentase 89%. Dari hal tersebut menunjukkan bahwa pada persentasenya mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Berdasarkan hasil yang diperoleh di atas metode problem based learning berbasis animasi power point berhasil meningkatkan berpikir kritis siswa.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Animasi Power Point, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: MUI
Date Deposited: 20 Jul 2022 03:34
Last Modified: 20 Jul 2022 03:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37716

Actions (login required)

View Item View Item