SARI, DIAN NOVITA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK FILM ANIMASI PETUALANGAN ARISA BERBANTUAN APLIKASI TOONTASTIC 3D UNTUK MENDUKUNG MINAT BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (356kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (107kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (102kB) |
Abstract
ABSTRAK Novita Sari, Dian. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Film Animasi Petualangan Arisa Berbantuan Aplikasi Toontastic 3D untuk Mendukung Minat Belajar Siswa SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Mujahidawati, M.Si., (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Film Animasi, Toontastic 3D, Minat Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk film animasi Petualangan Arisa dengan berbantuan aplikasi Toontastic 3D untuk mendukung kemampuan minat belajar siswa SMP dan mendeskripsikan kualitas media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Rusdi (2018) meliputi tahap analysis, design, development, implementation and evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII G SMP Negeri 7 Muaro Jambi dengan subjek uji coba kelompok kecil sebanyak 9 orang peserta didik dengan kriteria rendah, sedang, dan tinggi dari segi kognitif. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar validasi ahli instrumen, desain, media, dan praktisi, lembar observasi, angket respon peserta didik dan soal tes kemampuan matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan mengalami beberapa kali revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator desain, materi, praktisi (guru matapelajaran matematika), dan uji coba kelompok kecil. Kualitas media pembelajaran dalam kategori kualitas media yang baik, dikarenakan LKPD memenuhi kriteria kevalidan dengan jumlah skor validitas materi 70 dengan kategori "sangat valid" dan jumlah skor validitas media 62 dengan kategori sangat valid, kriteria kepraktisan oleh guru dengan jumlah skor 88 yaitu sangat praktis dan kriteria kepraktisan oleh siswa dengan jumlah skor 455 dengan kategori sangat praktis. Kriteria keefektifan yaitu dengan perhitungan N-Gain terdapat 87,8% siswa yang mengalami peningkatan minat setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbentuk film animasi Petualangan Arisa dan berdasarkan data hasil tes kemampuan belajar matematika siswa, terdapat 81,8% siswa yang mendapat nilai di atas KKM.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Film Animasi, Toontastic 3D, Minat Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SARI |
Date Deposited: | 20 Jul 2022 03:06 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 05:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |