PAMUNGKAS, RIAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018. JURNAL KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI TAHUN AJARAN 2017/2018.
Text
ARTIKEL-RRA1B113026.pdf Download (9kB) |
Abstract
ABSTRAK Pamungkas, Ryan .2017. Kemampuan Menulis Teks Berita siswa Kelas VIII A SMP Negeri 8 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing skripsi (1) Dr. Drs. Herman Budiyono, M.Pd., (2) Dr. Drs. Ade Kusmana. M.Hum. Kata-kata kunci: kemampuan menulis, teks berita Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan dan mendeskripsikan ketepatan serta kesalahan dalam menulis teks berita yaitu (1) kesesuaian antara judul dan isi, (2) kelengkapan unsur berita (apa, kapan, dimana, siapa, mengapa, dan bagaimana) (3) kepaduan, (4) ketepatan ejaan, (5) tampilan tulisan dalam menulis teks berita siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Bertujuan untuk mendeskripsikan tentang suatu keadaan secara objektif dalam suatu deskripsi situasi. Subjek penelitiaannya adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 8 Kota Jambi tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tugas menulis teks berita. Instrumen ini disusun bertujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan menulis teks berita dalam aspek kelengkapan unsur berita dan kebahasaan berita. Untuk memudahkan subjek yang diteliti dalam menulis teks berita maka instrument penelitian dilengkapi petunjuk pengerjaan tugas. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas isi, karena yang akan diukur sesuai dengan kompetensi dasar yang ada di silabus KTSP. Kemudian tes ini juga dimaksudkan untuk mengukur tujuan-tujuan tertentu yaitu mengukur kemampuan siswa dalam menulis berita. Simpulkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII A SMP Negeri Kota Jambi dalam menulis berita adalah cukup mampu dengan rata-rata 2.7 yang dilakukan oleh P1 dan P2. Penelitian Kemampuan rata-rata yang diperoleh siswa dalam menulis teks berita berdasarkan kesesuaian antara judul dan isi 3.1. Dari kriteria unsur kelengkapan unsur berita (apa, kapan, dimana, mengapa, siapa, dan bagaimana) menulis teks berita sebesar 2.6 dari kriteria teks berita berdasarkan unsur kepaduan 2.9 dari kriteria unsur penilaian ketetapan ejaan 2.7 dari kriteria tampilan tulisan sebesar 2.6. Berdasarkan ini disarankan Siswa kelas VIII A SMP N 8 Kota Jambi diharapkan lebih menumbuhkan sikap positifnya terhadap mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Berdasarkan hasil peneilitian masih ditemukan beberapa kesalahan berupa kurangnya penerapan unsur-unsur berita dan ketidaktepatan penerapan kebahasaan dengan baik. Kedua aspek ini merupakan hal penting dalam menulis teks berita.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIAN PAMUNGKAS |
Date Deposited: | 19 Mar 2018 07:31 |
Last Modified: | 19 Mar 2018 07:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3780 |
Actions (login required)
View Item |