HOLIL, RAHMAT PRINSIP KERJASAMA DALAM TUTURAN SISWA SDN 134/II DESA PURWASARI KECAMATAN PELEPAT ILIR KABUPATEN BUNGO. JURNAL PRINSIP KERJASAMA DALAM TUTURAN SISWA SDN 134/II DESA PURWASARI KECAMATAN PELEPAT ILIR KABUPATEN BUNGO.
Text
ARTIKEL_RRA1B113020.pdf Download (86kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahmat Holil. 2018 Prinsip Kerjasama dalam Tuturan Siswa SDN 134/II Desa Purwasari Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Harry Soedarto Hadjono, M.Pd. (II) Drs. Agus Setyonegoro, M.Pd. Kata-kata kunci: Prinsip kerjasama, tuturan siswa Berdasarkan hasil observasi siswa di SDN 134/II Desa Purwasari siswa tidak terlepas dari bahasanya masing-masing sehingga seringkali mempengaruhi dalam cara berkomunikasi. Bagi siswa cara berkomunikasi yang baik dan sopan juga dapat dipelajari di sekolah, lingkungan, dan dari apa yang mereka baca. Berdasarkan silabus mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 134/II Desa Purwasari, terdapat juga materi percakapan. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan prinsip kerjasama dalam tuturan siswa SD Negeri 134/II Desa Purwasari, Kecamatan Pelepat Ilir, Kabupaten Bungo. Mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama yang dilakukan sebagai sarana komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pristiea tuturan siswa SD Negeri 134/II Desa Purwasari, Kecamatan Pelepat Ilir. Objek penelitian ini adalah data yang mengandung bentuk pematuhan dan pelanggaran PK dalam pristiwa tutur siswa SD Negeri 134/II Desa Purwasari, Kecamatan Pelepat Ilir. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap (SBLC), teknik rekam dan teknik catat. Penelitian menggunakan human instrument . data dianalisis dengan prinsip pragmatic, yaitu penggunaan PK kemudian disajikan dengan mendeskripsikan berdasarkan transkrip data dan klasfikasi data, keabsahan data diperoleh melalui triangulasi data dan triangulasi teori. Hasil penelitian prinsip kerjasama dalam tuturan siswa SD Negeri 134/II Desa Purwasari, Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo, diperoleh beberapa prinsip kerjasama dan pelanggaran prinsip kerja sama dalam berinteraksi di SD Negeri 134/II Desa Purwasari, Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Simpulan penelitian ini, yakni penerapan prinsip kerjasama dalam tuturan di SD Negeri 134/II Desa Purwasari, Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo masih belum maksimal. Selain itu masih banyak pelanggaran prinsip kerjasama, baik itu maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan dan maksim cara, dalam berinteraksi di SD Negeri 134/II Desa Purwasari, Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Saran peneliti untuk penelitian lainnya ialah peneliti lain bisa mengkaji mengenai pematuhan dan pelanggaran PK dengan baik dan tidak hanya mengkaji PK yang dijelaskan oleh Grice saja namun juga PK yang dijelaskan oleh para ahli yang lain sehingga pembaca dapat membandingkan antara teori mengenai PK dari ahli yang satu dan ahli yang lainnya.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RAHMAT HOLIL |
Date Deposited: | 19 Mar 2018 07:31 |
Last Modified: | 19 Mar 2018 07:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3782 |
Actions (login required)
View Item |