Aprilia, Melda (2018) Pengaruh Penerapan E-Modul Berbasis 3D Pageflip Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. jurnal kimia. (Unpublished)
Text
Artikel melda.docx Download (47kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya pemahaman dan pengetahuan siswa terhadap materi ikatan kimia yang bersifat abstrak, sehingga diskusi menjadi kurang aktif dan siswa kurang percaya diri karena terbatasnya sumber belajar berupa bahan ajar atau media sebagai bahan pendukung siswa. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dalam pembelajaran tipe STAD perlu disiapkan bahan-bahan pendukung berupa bahan ajar atau media baik elektronik maupun non elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-modul berbasis 3D pageflip dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ekperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa Posttest Only Control Design. Sampel diambil secara simple random sampling dari 8 kelas dipilih 2 kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes essay. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji-t. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data posttest, kedua kelas sampel memiliki distribusi normal dan varian homogen, pada uji-t diperoleh thitung = 4,54 dan ttabel =2,00 dengan dk 79 dan α = 0,05, maka thitung > ttabel atau (4,54 > 2,00) dengan dk=36+45–2=79, pada derajat signifikan 95%. Karena thitung > ttabel, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Jadi, hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibandingkan hasil belajar kelas kontrol. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan perlakuan saat proses pembelajaran pada kedua kelas sampel. Dalam analisis hasil belajar disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan e-modul berbasis 3D pageflip dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi ikatan kimia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Melda Aprilia |
Date Deposited: | 20 Mar 2018 01:06 |
Last Modified: | 20 Mar 2018 01:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3784 |
Actions (login required)
View Item |