PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN MATEMATIKA BIASA

Khodijah, Siti (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN MATEMATIKA BIASA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (92kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (230kB)
[img] Text
GABUNGAN SELURUH SKRIPSI (DVD)_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis diperlukan dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Rendahnya kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP AL-HIDAYAH Sarolangun disebabkan karena peserta didik kurang diikutsertakan dalam pembelajaran atau peserta didik jarang diberikan kesempatan untuk bertanya maupun mengungkapkan pendapat. Pendekatan pembelajaran yang digunakan guru selama ini kurang tepat, sehingga kemampuan komunikasi matematis peserta didik belum mampu tersampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik dan pendidikan matematika biasa. Jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design menggunakan pretes dan postest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Al-Hidayah Sarolangun. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu VII A sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan pendidikan matematika realistic dan VII B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran pendidikan matematika biasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hipotesis N-gain hasil penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga kemampuan komunikasi matematis meningkat melalui pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik daripada menggunakan pembelajaran matematika biasa. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan rata-rata kategori tinggi setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata N-gain pada kelas eksperimen (pretest) sebesar 0,56 dan (postest) sebesar 0,89. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata (pretest) sebesar 0,33dan rata-rata (posttest) nya sebesar 0,80.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi, Pendekatan Matematika Realistik, Pendekatan Matematika Biasa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: KHODIJAH
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:32
Last Modified: 21 Jul 2022 06:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37870

Actions (login required)

View Item View Item