Pengembangan e-Magazine Menggunakan Software 3D Pageflip Professional Materi Tatanama Senyawa Kelas X IPA di SMAN 7 Kota Jambi

Winarsih, Winarsih (2022) Pengembangan e-Magazine Menggunakan Software 3D Pageflip Professional Materi Tatanama Senyawa Kelas X IPA di SMAN 7 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (33kB)
[img] Text
cov.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] Text
SKRIPSI WINARSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (219kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Materi kimia yang bersifat abstrak dan kompleks akan lebih baik diajarkan jika dibantu oleh media yang sebenarnya sangat bermanfaat. Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat menjadi pembaharuan di dunia pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membuat sebuah bahan bacaan berupa e-Magazine menggunakan Software 3D Pageflip Professional yang dapat dijadikan sebagai media pembelajran, sumber belajar maupun bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-Magazine pada materi peran kimia dalam kehidupan yang dinilai layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model desain pembelajaran ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan, penilaian guru, respon siswa, lembar wawancara, angket validasi ahli materi dan ahli media. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya dinilai oleh guru sebelum diujicobakan kepada siswa. Uji coba kepada siswa dalam bentuk kelompok kecil berjumlah sepuluh orang untuk melihat respon siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa e-Magazine dinyatakan layak secara konseptual menurut ahli materi dan ahli media. Untuk hasil penilaian guru diperoleh hasil bahwa keseluruhan aspek yang dinilai telah terpenuhi dan dinyatakan layak secara prosedural yang didasarkan dari respon siswa 87, 6% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil pengembangan, disimpulkan bahwa kriteria media pembelajaran e-Magazine pada materi tatanama senyawa layak secara konsepual dan prosedural. Media e-Magazine ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pada materi tatanama senyawa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: WINARSIH
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:54
Last Modified: 21 Jul 2022 04:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37926

Actions (login required)

View Item View Item