ANALISIS KECERDASAN MULTIPEL SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 KABUPATEN SAROLANGUN

MANIK, VERA LISNAWATY ANALISIS KECERDASAN MULTIPEL SISWA DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 KABUPATEN SAROLANGUN. BIODIC.

[img] Text
VERA L MANIK A1C410059 - ARTIKEL ILMIAH .pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi siswa dan sekolah mengupayakannya dengan cara membantu menggali dan meningkatkan setiap potensi yang dimiliki siswa. Setiap siswa memiliki kecerdasan dan tingkat penguasaan yang berbeda pada materi pelajaran biologi, dimana pelajaran biologi membutuhkan keaktifan dan fokus tinggi. Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengetahui kondisi kecerdasan setiap siswa di kelas sebagai panduan dan gambaran dalam memberikan metode dan pola pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan multipel siswa kelas XII IPA dalam kegiatan pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Kabupaten Sarolangun tahun ajaran 2017/2018. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Penelitian dilakukan pada bulan November 2017 dengan populasi seluruh siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Kabupaten Sarolangun. Sampel penelitian sebanyak 40 siswa yang diambil dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian rubrik kepada siswa, wawancara kepada guru dan dokumentasi nilai ujian tengah semester. Hasil data dari rubrik dianalisis secara kuantitatif, hasil data dari wawancara dan dokumentasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan multipel siswa berdasarkan hasil dan pembahasan secara keseluruhan yang diperoleh maka pada indikator kecerdasan Linguistik persentase mencapai 76,15% dengan kategori tinggi, kecerdasan Matematis-Logis mencapai 75% dengan kategori sedang, kecerdasan Visual-Spasial mencapai 71% dengan kategori sedang, kecerdasan Kinestetik mencapai 67,5% dengan kategori sedang, kecerdasan Musikal mencapai 59% dengan kategori tinggi, kecerdasan Interpersonal mencapai 67,5% dengan kategori sedang, kecerdasan Intrarpersonal mencapai 74,15% dengan kategori sedang, dan kecerdasan Naturalis mencapai 81,5% dengan kategori tinggi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: VERA LISNAWATY MANIK
Date Deposited: 20 Mar 2018 09:11
Last Modified: 20 Mar 2018 09:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3796

Actions (login required)

View Item View Item