PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMAN 11 KOTA JAMBI

Erliandha, Windy PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMAN 11 KOTA JAMBI. JURNAL PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMAN 11 KOTA JAMBI.

[img] Text
artikel indy.pdf

Download (200kB)

Abstract

PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA KELAS X SMAN 11 KOTA JAMBI Windy Erliandha1), Menza Hendri2), Tugiyo Aminoto3) 1)Alumni Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi 2)3)Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Email: windy_indyandha@yahoo.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran fisika melalui model pembelajaran problem based learning. Ada dua cara metode pengambilan data yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian siswa kelas X MIA III SMAN 11 Kota Jambi. Pengambilan data kualitatif menggunakan lembar aktivitas siswa dan lembar obeservasi pembelajaran guru, pengambilan data kuantitatif menggunakan alat tes yang berupa ulangan formatif yang diadakan di akhir siklus pembelajaran. Sebelum soal tes digunakan, dilakukan uji coba dan analisa untuk memperoleh validitas, tingkat kesukaran, daya beda dan realiabilitas soal yang memenuhi keriteria tertentu. Data kuantitatif digunakakn untuk menilai aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Hasil terlihat dari peningkatan belajar siswa yang dinilai dari aspek pengetahuan setiap siklus. untuk siklus I jumlah siswa yang berhasil sebanyak 12 orang atau 40% , menjadi B dengan jumlah siswa berhasil sebanyak 17 orang atau 56,70 % untuk siklus II, meningkat menjadi B+ dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 20 orang atau 66,70 % pada siklus III. Tingkat kognitif siswa masih rendah saat proses pembelajaran. Dapat disimpulkan penerapan model PBL diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WINDY ERLIANDHA
Date Deposited: 20 Mar 2018 09:12
Last Modified: 20 Mar 2018 09:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3797

Actions (login required)

View Item View Item