Pengembangan Modul Elektronik Model 3D Pageflip Professional Pada Materi Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Di Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Jambi

JASWARA, RENDI OKTA Pengembangan Modul Elektronik Model 3D Pageflip Professional Pada Materi Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Di Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Jambi. BIMBINGAN DAN KONSELING. (Submitted)

[img] Text
ARTIKEL RENDI.pdf

Download (2MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATERI DASAR-DASAR BIMBINGAN DAN KONSELING DI PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS JAMBI Rendi Okta Jaswara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi Email: Rendijaswara5@gmail.com ABSTRAK Istilah modul dipinjam dari dunia teknologi, yaitu alat ukur yang lengkap dan merupakan suatu kesatuan program yang dapat mengukur tujuan (Dwicahyono,2014:177) dalam Varaswati (2015:10), dapat di pandang sebagai paket program yang disusun dalam bentuk stuan tertentu guna keperluan belajar yang dapat di pelajari secara mandiri. Perkembangan teknologi e-book mendorong terjadinya perpaduan antara teknologi cetak dengan teknologi komputer dalam kegiatan pembelajaran. Modul sebagai salah satu media pembelajaran cetak dapat ditransformasikan penyajiannya ke dalam bentuk elektronik sehingga melahirkan istilah modul elektronik atau yang dikenal dengan istilah e-module. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Jambi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Pada penelitian pengembangan ini, menggunalan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu : Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket terbuka. Setelah data diperoleh, selanjutnya adalah menganalisa data tersebut. Data yang akan diperoleh dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan, saran/masukan dari tim ahli yang dihimpun dan disarikan untuk perbaikan produk. Sedangkan data kuantitatif berupa penilaian terhadap pengembangan produk yang diperoleh dari tim ahli dan dari seluruh responden. Modul elektronik ini dikembangkan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE, dengan tahapan: (1) Analisis meliputi analisis kebutuhan, tujuan, dan materi, (2) Desain meliputi spesifikasi media, struktur materi, pembuatan flowchart dan storyboard, (3) Pengembangan meliputi pembuatan produk yang kemudian divalidasi oleh tim ahli dengan perolehan rerata skor jawaban ahli media, ahli materi, penilaian dosen pembimbing masing-masing adalah 4,1 (Baik), 4,0 (Baik), (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Dengan demikian produk dinyatakan layak, ditinjau dari desain media dan materi terhadap modul yang di kembangkan dan layak untuk di ujicobakan. Dari hasil angket respon siswa diperoleh persentase skor sebesar (Baik), dari hasil data tersebut siswa memberikan respon sangat baik terhadap produk yang dikembangkan. Modul elektronik yang telah dikembangkan ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran selain digunakan sebagai media belajar mandiri baik di kelas maupun di luar kelas. Keywords: Modul Elektronik Dasar-dasar Bimbingan dan Konselin

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RENDI OKTA JASWARA
Date Deposited: 20 Mar 2018 09:12
Last Modified: 20 Mar 2018 09:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3798

Actions (login required)

View Item View Item