PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMKN 5 KOTA JAMBI

Gulo, Masnaima and Salim, Agus and Dewi, Yusra (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMKN 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
HALAMAN COVER DAN HALAMAN JUDUL.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
SKRIPSI MASNAIMA GULO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[img] Text
pengesahan naima.pdf

Download (150kB)

Abstract

ABSTRAK Gulo, Masnaima 2022 Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran menulis teks Negosiasi siswa kelas X SMKN 5 Kota Jambi: Skripsi, bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Agus Salim, M. PD. (II) Dra. Hj. Yusra D., M. Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X SMKN 5 Kota Jambi. Keterampilan menulis teks negosiasi dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk mengetahui sejauhmana pengaruh media audiovisual dalam pembelajaran teks negosiasi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi terdiri dari 4 kelas, kemudian dilakukan teknik Purposive sampling diperoleh kelas X Akuntansi sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akuntansi sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan yaitu tes. Untuk hasil uji Normalitas didapatkan hasil pre-test untuk kelas eksperimen 0.220 yang lebih besar dari 0,05. Dari hasil post-test kelas eksperimen didapatkan hasil 0,462 yang lebih besar dari 0,05. Untuk kelas kontrol didapatkan hasil 0,402 untuk hasil pre-test dan 0,475 untuk hasil post-test. Dari uji homogenitas didapatkan nilai signifikasi (Sig). Based on Mean kemampuan menulis teks negosiasi siswa adalah 0,220 > 0,05. Uji yang peneliti lakukan selanjutnya ialah uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t (test). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan uji-t dengan bantuanprogram SPSS 25. Dari uji t didapatkan nilai 22087. Untuk t tabel mendapatkan 0,093. Sehingga T hitung > T tabel 22087.Dari hasil penelitian diatas, dapat dilihat bahwa media audiovisual berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks negosiasi kelas X Akuntansi. Nilai yang berbeda terlihat dari nilai kelas eksperimen yang meningkat setelah diberikannya perlakuan berupa media audiovisual. Sedangkan, kelas kontrol tidak terlalu mengalami kenaikan nilai yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peneliti sebagai pemakai metode media audiovisual, sangat menyarankan cara ini sebagai cara ampuh untuk meningkatkan konsentrasi siswa dan meningkatkan nilai siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: GULO
Date Deposited: 22 Jul 2022 06:25
Last Modified: 22 Jul 2022 06:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/37989

Actions (login required)

View Item View Item