PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI “ WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII B SMP N 18 KOTA JAMBI

Rizki Ramadhan, M.Iqbal (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI “ WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII B SMP N 18 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di SMP Negeri 18 Kota Jambi yakni Hasil belajar siswa yang rendah di kelas VIII B SMP 18 Kota Jambi yakni sebanyak 18 siswa dari 32 siswa yang tidak tuntas dalam tes akhir semester ganjil atau dalam artian sebanyak 60% siswa tidak tuntas dan hanya sebanyak 40% pada KKM 70 di mata pelajaran SMP N 18 Kota jambi siswa yang tuntas dikelas VIII SMP N 18 Kota Jambi, Minimnya Kreativitas guru dalam mengolah media pembelajaran yang menarik yang mengedepankan digitalisasi. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi “who wants to be a millionaire” pada mata pelajaran PPKn materi kebangkitan nasional serta dapat meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Develompment) dengan metode ADDIE ( Analysis, design, development, implementation, evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket validitas ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, tanggapan guru pengampu mata pelajaran serta tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh skor 77% pada uji validitas ahli materi, skor 83% pada uji validitas ahli bahasa dan skor 88% pada uji validitas ahli MEDIA dengan itu dapat dikatakan bahwa media layak untuk diuji coba kepada siswa kelas VIII SMP 18 Kota Jambi. Lalu pada tahap implementasi diperoleh skor 96% untuk penilaian guru mata pelajaran , skor 90% untuk respon siswa kelompok kecil dan skor 93% untuk respon siswa pada uji coba kelompok besar.sementara itu diperoleh juga sebanyak 91% siswa tuntas atau dalam artian sebanyak 29 dari 32 siswa melebihi KKM yang ditentukan yakni 70 sementara itu hanya 3 siswa yang tidak tuntas. Kemudian didapat kesimpulan bahwa produk game edukasi “who wants to be a millionaire” sangat layak dan praktis dapat diterapkan pada pembelajaran PPKn dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII B SMP N 18 Kota Jambi pada mata pelajaran ppkn materi kebangkitan nasional tahun 1908

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: : Pengembangan, Metode ADDIE, Media game edukasi “who wants to be a millionaire”, Kebangkitan Nasional, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: RAMADHAN
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:56
Last Modified: 25 Jul 2022 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38000

Actions (login required)

View Item View Item