Rizki Ramadhan, M.Iqbal (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI “ WHO WANTS TO BE A MILLIONAIRE” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII B SMP N 18 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
SKRIPSI .pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
Text
COVER.pdf Download (300kB) |
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (3MB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (374kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (552kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (372kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di SMP Negeri 18 Kota Jambi yakni Hasil belajar siswa yang rendah di kelas VIII B SMP 18 Kota Jambi yakni sebanyak 18 siswa dari 32 siswa yang tidak tuntas dalam tes akhir semester ganjil atau dalam artian sebanyak 60% siswa tidak tuntas dan hanya sebanyak 40% pada KKM 70 di mata pelajaran SMP N 18 Kota jambi siswa yang tuntas dikelas VIII SMP N 18 Kota Jambi, Minimnya Kreativitas guru dalam mengolah media pembelajaran yang menarik yang mengedepankan digitalisasi. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi “who wants to be a millionaire” pada mata pelajaran PPKn materi kebangkitan nasional serta dapat meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn di kelas VIII SMP N 18 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Develompment) dengan metode ADDIE ( Analysis, design, development, implementation, evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah angket validitas ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, tanggapan guru pengampu mata pelajaran serta tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh skor 77% pada uji validitas ahli materi, skor 83% pada uji validitas ahli bahasa dan skor 88% pada uji validitas ahli MEDIA dengan itu dapat dikatakan bahwa media layak untuk diuji coba kepada siswa kelas VIII SMP 18 Kota Jambi. Lalu pada tahap implementasi diperoleh skor 96% untuk penilaian guru mata pelajaran , skor 90% untuk respon siswa kelompok kecil dan skor 93% untuk respon siswa pada uji coba kelompok besar.sementara itu diperoleh juga sebanyak 91% siswa tuntas atau dalam artian sebanyak 29 dari 32 siswa melebihi KKM yang ditentukan yakni 70 sementara itu hanya 3 siswa yang tidak tuntas. Kemudian didapat kesimpulan bahwa produk game edukasi “who wants to be a millionaire” sangat layak dan praktis dapat diterapkan pada pembelajaran PPKn dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VIII B SMP N 18 Kota Jambi pada mata pelajaran ppkn materi kebangkitan nasional tahun 1908
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Pengembangan, Metode ADDIE, Media game edukasi “who wants to be a millionaire”, Kebangkitan Nasional, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | RAMADHAN |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:56 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 06:56 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38000 |
Actions (login required)
View Item |