ALFITRAH, ANDRE (2022) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA GUARDIAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI ALJABAR DI KELAS VII-B SMP MUHAMMADIYAH 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Hal judul-cover.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
ANDRE ALFITRAH (A1C217072).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Hal Persetujuan, pengesahan.pdf Download (581kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (7MB) |
Abstract
Kenyataan yang ditemukan dilapangan kemampuan representasi siswa masih rendah. Hal ini didukung dari hasil penelitian yang dilakukan oleh (Handayani, Hartoyo, & Ijuddin, 2019) menyatakan bahwa hasil kemampuan representasi siswa disebuah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal matematika masih rendah, yaitu memperoleh persentase indikator representasi visual sebesar 33,95%, representasi persamaan 31,96% dan representasi kata-kata sebesar 34,09%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan representasi matematis siswa guardian dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Aljabar di Kelas VII SMP 1 Muhammadiyah Kota Jambi.Dalam penelitian ini kemampuan representasi matematis yang diukur berdasarkan aspeknyanya yaitu meliputi aspek representasi visual, aspek representasi ekspresi matematis, dan aspek representasi kata atau teks tertulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP 1 Muhammadiyah Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa yang diambil dari kelas VII-B, yaitu siswa yang memiliki kepribadian Guardian. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa persentase ketercapaian Kemampuan representasi matematis SG1 pada aspek kemampuan representasi visual adalah 12,5%, dengan kategori kurang, pada aspek persamaan atau ekspresi adalah 0% dengan kategori kurang, dan untuk aspek representasi kata atau teks tertulis adalah 62,5% dengan kategori cukup. Kemampuan representasi matematis SG2 pada aspek kemampuan representasi visual adalah 31,5%, dengan kategori kurang, pada aspek persamaan atau ekspresi adalah 37,5% dengan kategori kurang, dan untuk aspek representasi kata atau teks tertulis adalah 50% dengan kategori cukup. Kemampuan representasi matematis SG3 pada aspek kemampuan representasi visual adalah 25%, dengan kategori kurang, pada aspek persamaan atau ekspresi adalah 25% dengan kategori kurang, dan untuk aspek representasi kata atau teks tertulis adalah 50% dengan kategori cukup. Kemampuan representasi matematis SG4 pada aspek kemampuan representasi visual adalah 0%, dengan kategori kurang, pada aspek persamaan atau ekspresi adalah 0% dengan kategori kurang, dan untuk aspek representasi kata atau teks tertulis adalah 50% dengan kategori cukup. Yang berarti bahwa siswa SG1, SG2, SG3, dan SG4 unggul dalam aspek representasi kata atau teks tertulis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Representasi Matematis, Guardian, Soal Matematika, Aljabar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ALFITRAH |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 04:31 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 04:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38019 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |