Yunisa, Melinda (2022) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Aspek Ilmu Nahwu dan Sharaf pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (649kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (603kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (168kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (449kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI_.pdf Restricted to Repository staff only Download (896kB) |
Abstract
ABSTRAK Yunisa, Melinda. 2022. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab dalam Aspek Ilmu Nahwu dan Sharaf pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Abdul Muid, S. Pd.I., M. Pd., (II) Mar’atun Sholiha, S. Pd.I., M. Pd.I., Kata kunci: Problematika, Pembelajaran, Bahasa Arab, Nahwu dan Sharaf. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran bahasa Arab dalam aspek ilmu nahwu dan sharaf, yang mencakup proses pembelajaran, faktor penghambat, serta bagaimana upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika yang dihadapi oleh siswa kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi pada bulan Mei-Juni 2022. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru bahasa Arab dan siswa kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran bahasa Arab kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi, terdiri dari perencanaan dan pelaksanaan. Metode yang sering digunakan oleh pendidik ialah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan presentasi. Di akhir pembelajaran pendidik akan mengevaluasi hasil belajar peserta didik baik harian, tugas individu atau kelompok, UTS, maupun UAS. (2) Problematika pada pembelajaran bahasa Arab dalam aspek ilmu nahwu dan sharaf yang terjadi di kelas tidak hanya dari peserta didik, namun juga dari faktor materi ajar, fasilitas belajar, dan lingkungan. Permasalahan yang terjadi pada peserta didik adalah latar belakang pendidikan peserta didik yang berbeda-beda dan kurangnya minat belajar, sulit menemukan lawan bicara, dan kesulitan menempatkan kosa kata yang sesuai kaidah. Permasalahan dari materi ajar yaitu, tidak dimulai dari materi yang paling dasar. Permasalahan dari fasilitas, yaitu kurangnya media pembelajaran. Permasalahan lingkungan yaitu, tidak diterapkan wajib berbahasa Arab. (3) Upaya-upaya untuk mengatasi problem tersebut dilakukan oleh pihak peserta didik dan pendidik. Upaya yang dilakukan peserta didik yaitu: menghafalkan kosa kata bahasa Arab dan mempraktikkannya, serta menyempatkan diri utuk mengikuti kelompok belajar. Upaya yang dilakukan oleh pendidik yaitu: berusaha memberikan motivasi dan anjuran kepada peserta didik untuk berbahasa Arab di lingkungan sekolah, menggunakan media/alat peraga untuk memudahkan dalam menjelaskan materi pembelajaran, dan mengarahkan peserta didik untuk mengikuti kelompok belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Pembelajaran, Bahasa Arab, Nahwu dan Sharaf. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | YUNISA |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 06:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 06:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/38039 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |